ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA MELALUI PEMANFAATAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS E-LEARNING MENGGUNAKAN MICROSOFT OFFICE 365 DI KELAS V SDN 86 LAPPADATA KABUPATEN SINJAI

Hidayanti, Hidayanti (2021) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA MELALUI PEMANFAATAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS E-LEARNING MENGGUNAKAN MICROSOFT OFFICE 365 DI KELAS V SDN 86 LAPPADATA KABUPATEN SINJAI. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Artikel Skripsi Hidayanti Pdf.pdf

Download (626kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif menggunakan metode campuran (mixed method). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan pencapaian tingkat kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dan respon siswa terhadap pembelajaran dengan memanfaatkan multimedia interaktif berbasis e-learning menggunakan Microsoft Office 365. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 86 Lappadata Kabupaten Sinjai Tahun pelajaran 2020/2021. Pengambilan subjek dengan purpose sampling berdasarkan nilai tes kemampuan berpikir kreatif matematis sebanyak 3 subjek yaitu masing-masing 1 subjek dengan kemampuan berpikir kreatif matematis tinggi, 1 subjek dengan kemampuan berpikir kreatif matematis sedang, dan 1 subjek dengan kemampuan berpikir kreatif matematis rendah. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, wawancara, angket, dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi tehnik dan triangulasi teori. Tehnik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kuantitatif dan data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kreatif matematis siswa melalui pembelajaran dengan memanfaatkan multimedia interaktif berbasis e-learning menggunakan Microsoft Office 365 mencapai kategori sedang dengan nilai rata-rata hasil tes sebesar 67. Siswa pada kategori tinggi dengan persentase 15% dan mencapai tingkat 4 (sangat kreatif), 14 siswa pada kategori sedang dengan persentase 70% dan mencapai tingkat 3 (kreatif), dan 3 siswa berada pada kategori rendah dengan persentase 15% dan mencapai tingkat 2 ( cukup kreatif ) dan tingkat 1 ( kurang kreatif). Sementara itu siswa memberikan respon yang sangat baik terhadap pemanfaatan multimedia interaktif berbasis e-learning menggunakan Microsoft Office 365 dalam pembelajaran matematika dengan persentase 83,5% Kata Kunci : Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis, Multimedia Interaktif, E- Learning, Microsoft Office 365

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (D2)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 10 Mar 2021 04:19
Last Modified: 10 Mar 2021 04:19
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/19356

Actions (login required)

View Item View Item