HUBUNGAN KEBIASAAN BELAJAR SISWA DENGAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD

Nurkasmi, Nurkasmi (2021) HUBUNGAN KEBIASAAN BELAJAR SISWA DENGAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
REVISI ARTIKEL NURKASMI.pdf

Download (75kB)

Abstract

Abstrak: Penelitian ini adalah penelitian korelasional. Tujuan penelitian ini adalah 1) mengetahui gambaran kebiasaan belajar siswa kelas V SD Gugus II Kecamatan Cenrana Kabupaten Bone, 2) mengetahui gambaran hasil belajar IPA siswa kelas V SD Gugus II kecamatan cenrana Kabupaten Bone, 3) mengetahui ada atau tidaknya hubungan yang signifikan antara kebiasaan belajar siswa dengan hasil belajar IPA siswa kelas V SD Gugus II Kecamatan Cenrana Kabupaten Bone. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Gugus II Kecamatan Cenrana Kabupaten Bone yang berjumlah 102 orang, Sedangkan sampelnya berjumlah 31 orang. Data hasil penelitian diperoleh dengan pengumpulan data melalui angket dan dokumen. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan inferensial. Berdasarkan analisis statistik inferensial diperoleh thitung ≥ ttabel. Hal ini dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kebiasaan belajar siswa dengan hasil belajar IPA siswa kelas V SD Gugus II Kecamatan Cenrana Kabupaten Bone. Kata Kunci : Kebiasaan Belajar Siswa, Hasil Belajar, Ilmu Pengetahuan Alam

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 10 Mar 2021 04:16
Last Modified: 10 Mar 2021 04:16
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/19355

Actions (login required)

View Item View Item