Pengaruh Penggunaan Media Blok Pecahan Terhadap Minat Belajar Pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas III SD Kompleks Lariang Bangi Kecamatan Makassar Kota Makassar

Aras, Latri and Syawaluddin, Ahmad and Amrah, Amrah (2019) Pengaruh Penggunaan Media Blok Pecahan Terhadap Minat Belajar Pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas III SD Kompleks Lariang Bangi Kecamatan Makassar Kota Makassar. JIKAP PGSD : Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 3 (1). pp. 40-49. ISSN 2597-4440

[img] Text
jurnal jikap vol 3 no 1 thn 2019.pdf

Download (440kB)
[img] Text
peer reviewer JIKAP PGSD vol 3 no 1 thn 2019.pdf

Download (840kB)
[img] Text
peer reviewer IIKAP PGSD vol 3 no 1, 2019 (pak latri).pdf

Download (982kB)
Official URL: https://ojs.unm.ac.id/JIKAP

Abstract

Abstrak Melalui penelitian ini, tujuan yang akan dicapai adalah untuk (1) mendeskripsikan sejauh mana tingkat: (a) minat belajar matematika Siswa SD melalui penggunaan Media Blok Pecahan, (b) Respons siswa, dan (c) Pelaksanaan menggunaan media blok pecahan (2) melihat efektivitas penggunaan media Blok Pecahan, dan (3) publikasi artikel ilmiah dijurnal akreditasi nasional atau jurnal internasional. Disain Penelitian yang akan digunakan adalah disain penelitian quasi experimental dengan pretest-posttest control group disain. Populasi penelitian adalah siswa Kelas III pada SD Kompeks Lariang Bangi yang terdiri dari 3 sekolah yaitu SDN Lariang Bangi 1, SDN Lariang Bangi 2, dan SDN Lariang Bangi 3 dengan sampel dua kelas Instrumen penelitian terdiri dari (1) Angket Minat Belajar Siswa SD, (2) Angket Respons Siswa, (3) Lembar Observasi Keterlaksanaan Penggunaan Media Blok Pecahan, dan (4) Dokumentasi. Teknik Analisis Data yang akan digunakan adalah Analisis Data Deskriptif dan Inferensial. Hasil Penelitian Menunjukkan Bahwa (1) Proses pembelajaran dengan menggunakan media Blok Pecahan pada kelas eksperimen berlangsung secara efektif dikarenakan kategori presentase untuk setiap pertemuan meningkat. (2) Nilai post non test pada kelas eksperimen menunjukkan bahwa lebih dari 50% siswa berada pada kategori berminat. Sedangkan pada kelas kontrol lebih dari 50% siswa berada pada kategori kurang berminat, (3) Rata-rata respons siswa berada pada rata-rata 78 dengan standar deviasi 5,28 dari skor ideal 100, dan (4) Terdapat pengaruh positif penggunaan media Blok Pecahan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: media blok pecahan, minat belajar matematika, Efektivitas pembelajaran
Subjects: ILMU PENDIDIKAN
KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: KOLEKSI KARYA ILMIAH UPT PERPUSTAKAAN UNM MENURUT FAKULTAS > KARYA ILMIAH DOSEN
KARYA ILMIAH DOSEN
Depositing User: Herling HR Sahade
Date Deposited: 10 Mar 2021 13:10
Last Modified: 10 Jul 2021 06:59
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/19348

Actions (login required)

View Item View Item