Pembelajaran Ips Berbasis Nilai Karakter Dalam Meningkatkan Sikap Disiplin Belajar Peserta Didik Di Sdn Inpres Rora Kecamatan Donggo Kabupaten Bima

Amrin, Amrin (2021) Pembelajaran Ips Berbasis Nilai Karakter Dalam Meningkatkan Sikap Disiplin Belajar Peserta Didik Di Sdn Inpres Rora Kecamatan Donggo Kabupaten Bima. S2 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
4. ARTIKEL.pdf

Download (379kB)

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian ini yaitu; (1) Mendeskripsikan proses pembelajaran IPS berbasis nilai karakter SDN Inpres Rora Kecamatan Donggo Kabupaten Bima; (2) Untuk mengetahui upaya guru meningkatkan sikap disiplin belajar peserta didik SDN Inpres Rora Kecamatan Donggo Kabupaten Bima; (3) Mengkaji dan menganalisis faktor pendukung dan penghambat pembelajaran IPS berbasis nilai karakter SDN Inpres Rora Kecamatan Donggo Kabupaten Bima. Jenis penelitian ini kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data melaui tahap reduksi data, penyajian data dan Simpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa; (1) Pembelajaran IPS berbasis nilai karakter ditinjau dari pengintegrasian nilai- nilai karakter berjalan dengan baik dan bagus, dengan perencanaan yang matang. pembinaan nilai karakter rata-rata guru melakukan penguatan shoff skill, dengan membina nilai religius, jujur, disiplin dan bertanggung jawab. Sedangkan pembinaan sikap disiplin dalam pembelajaran dan penguatan sikap disiplin belajar, rata-rata guru memotivasi peserta didik agar mempertahankan prestasi. tapi ada beberapa hal yang menjadi kendala bagi guru dalam mengintegrasikan nilai-nilai karakter dalam pembelajaran IPS salah satunya nilai karakter tidak dicantumkan secara detail dalam Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). (2) Upaya guru dalam membina sikap disiplin belajar peserta didik, Ditinjau dari Mengarahkan Sikap Disiplin Belajar berjalan cukup baik dengan membiasakan 3 S. dalam Membina Sikap Disiplin Belajar, rata-rata guru mengevaluasi perkembangan sikap disilin belajar peserta didik. Selanjutnya Membiasakan Sikap Disiplin Belajar, rata-rata guru memberikan PR dan penilaian hasil tugas dan guru mendorong peserta didik agar tetap meningkatkan prestasinya. (3) Faktor pendukung dan penghambat pembelajaran IPS berbasis nilai karakter, yaitu; dilihat dari Faktor Pendukung; penerapan kurikulum 2013 yang mengutamakan shoff skill. Sedangkan dilihat dari Faktor Penghambatnya yaitu komitmen dan pemahaman guru tentang pentingnya pendidikan karakter sangat kurang dan ditambah lagi oleh kurangnya dukungan dari orang tua. Kata Kunci; Pembelajaran IPS, Nila Karakter, Disiplin belajar

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > PENDIDIKAN ILMU SOSIAL - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 09 Mar 2021 06:05
Last Modified: 09 Mar 2021 06:05
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/19343

Actions (login required)

View Item View Item