PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK PROGRAM REMEDIAL DALAM PEMBELAJARAN MATRIKS SISWA KELAS XI SMA

Sulaeman, Salwa (2021) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK PROGRAM REMEDIAL DALAM PEMBELAJARAN MATRIKS SISWA KELAS XI SMA. S2 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
ARTIKEL SALWA SULAEMAN.pdf

Download (249kB)

Abstract

Abstrak. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Devlopment) yang bertujuan untuk mengembangkan multimedia interaktif untuk program remedial dalam pembelajaran matriks untuk siswa kelas XI SMA. Penelitian dan Pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE dengan tahapan Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Instrumen yang digunakan pada penelitian dan pengembangan ini adalah format validasi, lembar observasi aktivitas siswa dan keterlaksanaan pembelajaran, angket respon guru dan siswa serta tes ulangan remedial. Hasil analisis dari penelitian dan pengembangan ini yaitu 1) validasi oleh dua ahli media diperoleh skor rata-rata kevalidan 3,4 dengan kriteria valid. Validasi oleh dua ahli materi diperoleh nilai rata-rata kevalidan 3,3 dengan krtireria valid. Sedangkan validasi oleh praktisi diperoleh skor rata-rata kevalidan 3,8 dengan kriteria sangat valid dengan skor ideal 4,0. Karena ketiga aspek tersebut telah memenuhi minimal kriteria valid, maka multimedia interaktif untuk program remedial dinyatakan valid. 2). Hasil analisis data respons guru diperoleh skor rata-rata keseluruhan aspek yaitu 3,9 dengan kriteria Sangat baik dengan skor ideal 4,0, sedangkan hasil analisis observasi keterlaksanaan pembelajaran 93,8 % dengan kriteria Sangat Baik. Karena kedua aspek kepraktisan tersebut memenuhi kriteria Sangat Baik maka multimedia interkatif dinyatakan Praktis. 3) Hasil analisis data respons siswa terhadap multimedia interaktif untuk pembelajaran remedial diperoleh skor rata-rata 3,8 dengan krteria Sangat Baik dengan skor ideal 4,0. Hasil analisis lembar observasi aktivitas siswa diperoleh persentase aktivitas siswa 86,7 % dengan kriteria Sangat Baik, sedangkan hasil analisis tes ulangan remedial siswa diperoleh nilai rata-rata siswa 84 dengan skor ideal 100 dan ketuntasan klasikal sebesar 89 %. Karena ketiga aspek tersebut telah terpenuhi sehingga multimedia interaktif untuk program remdial Efektif. Berdasarkan hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa multimedia interakttif untuk program remedial yang dikembangkan berkualitas karena telah memenuhi kriteria Valid, Praktis, dan Efektif. Kata Kunci: multimedia interaktif, program remedial, pembelajaran matriks

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 09 Mar 2021 05:07
Last Modified: 09 Mar 2021 05:07
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/19336

Actions (login required)

View Item View Item