PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA MODEL REALISTIK SETTING KOOPERATIF (RESIK) POKOK BAHASAN HIMPUNAN PADA SISWA KELAS VII MTS

MUSDALIFAH, MUSDALIFAH (2021) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA MODEL REALISTIK SETTING KOOPERATIF (RESIK) POKOK BAHASAN HIMPUNAN PADA SISWA KELAS VII MTS. S2 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
ARTIKEL.pdf

Download (209kB)

Abstract

ABSTRAK Pertanyaan dalam penelitian ini adalah bagaimana mengembangkan perangkat dan bagaimana hasil pengembangan perangkat pembelajaran dengan model pembelajaran matematika realistik setting kooperatif untuk topik himpunan di MTs DDI Kulo?. Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan (research and development/R & D), karena dalam penelitian ini penulis bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran matematika realistik setting kooperatif pada pokok bahasan himpunan di SMP yang mencakup: (1) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), (2) Buku Teks Pelajaran, (3) Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD), (4) Tes Hasil Belajar. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan 4-D Thiagarajan, Semmel & Semmel yang terdiri dari tahap pendefinisian (define), tahap Perancangan (Design), pengembangan (Develop), dan tahap penyebaran ( Disseminate). Penelitian ini dilakukan di kelas VII. MTs DDI Kulo Kabupaten Sidenreng Rappang dengan jumlah siswa sebanyak 18 orang. Hasil yang diperoleh pada uji coba lapangan yaitu: perangkat pembelajaran sudah valid, praktis dan efektif, aktivitas siswa sudah sesuai dengan yang diharapkan, keterlaksanaan perangkat pembelajaran tergolong kategori terlaksana keseluruhan, dan respon siswa sudah dalam kategori positif. Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pengembangan tersebut, maka diperoleh perangkat pembelajaran matematika realistik setting kooperatif yang memiliki kualifikasi baik. Aktivitas siswa dalam kegiatan pembelajaran terfokus pada penyelesaian LKS dan berdiskusi antara siswa dengan siswa. Setelah mengikuti kegiatan penilaian hasil belajar terlihat bahwa kemampuan akademik siswa dalam belajar dengan menggunakan pembelajaran matematika realistik setting kooperatif pada pokok bahasan himpunan secara klasikal tercapai. Kata Kunci : Pengembangan Perangkat, model pembelajaran realistic setting kooperatif, valid, paraktis, efektif

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 09 Mar 2021 04:57
Last Modified: 09 Mar 2021 04:57
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/19333

Actions (login required)

View Item View Item