WACANA PERSUASI DALAM IMBAUAN PUBLIK DI KOTA MAKASSAR

ILHAM, MUHAMMAD (2021) WACANA PERSUASI DALAM IMBAUAN PUBLIK DI KOTA MAKASSAR. S2 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
ARTIKEL TESIS ILHAM.docx

Download (75kB)

Abstract

MUHAMMAD ILHAM 2021. Wacana Persuasi dalam Imbauan Publik di Kota Makassar (Dibimbing oleh Johar Amir dan Muhammad Saleh). Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengungkap wujud wacana persuasi dalam imbauan publik di Kota Makassar; (2) mengungkap fungsi wacana persuasi dalam imbauan publik di Kota Makassar; dan (3) mengungkap efek wacana persuasi dalam imbauan publik di Kota Makassar. Desain penelitian ini adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penyimpulan/ verifikasi. Sumber data penelitian ini diperoleh dari wacana tulis berupa seperangkat kalimat yang digunakan dalam imbauan publik di Kota Makassar selama tahun 2020. Data dalam penelitian adalah data tulisan, yaitu kalimat- kalimat yang digunakan dalam imbauan publik di Kota Makassar. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik dokumentasi, teknik baca, dan teknik catat. Berdasarkan temuan penelitian diperoleh temuan berupa wujud, fungsi, dan efek wacana persuasi dalam imbauan publik di Kota Makassar. Wujud wacana persuasi yang ditemukan dalam penelitian ini, yakni (1) kalimat imperatif, dan (2) kalimat deklaratif. Kalimat imperatif yang ditemukan berupa (1) kalimat imperatif biasa, (2) kalimat imperatif permintaan, (3) kalimat imperatif ajakan, (4) kalimat imperatif suruhan, dan (5) kalimat imperatif larangan. Kalimat dekelaratif yang ditemukan, yakni (1) kalimat deklaratif aktif, dan (2) kalimat deklaratif pasif. Fungsi wacana persuasi yang ditemukan dalam penelitian, yakni (1) fungsi permintaan, (2) fungsi larangan, (3) fungsi perintah, (4) fungsi peringatan, dan (5) fungsi anjuran. Efek wacana persuasi yang ditemukan dalam penelitian ini, yakni (1) efek positif, dan efek (2) negatif. Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan kepada (1) guru bahasa dan sastra Indonesia, dapat dijadikan bahan acuan dalam pembelajaran keterampilan berbahasa, khususnya keterampilan menulis dan berbicara. (2) pemerhati pendidikan bahasa Indonesia, dapat dijadikan sebagai bahan masukan untuk pembelajaran bahasa di sekolah dan di perguruan tinggi. (3) peneliti, disarankan untuk mengadakan penelitian terhadap wujud, fungsi, dan efek wacana persuasi pada ragam bahasa yang berbeda dengan penelitian ini dan konteks yang lain pula. Kata Kunci: Wacana Persuasi, Imbauan Publik, Wujud Wacana Persuasi, Fungsi Wacana

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > PENDIDIKAN BAHASA - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 09 Mar 2021 04:12
Last Modified: 09 Mar 2021 04:12
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/19330

Actions (login required)

View Item View Item