HUBUNGAN EFEKTIVITAS SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DENGAN KINERJA GURU DALAM PEMBELAJARAN DI SD SE-KECAMATAN ULUMANDA KABUPATEN MAJENE

ALIYAH B., NUR (2021) HUBUNGAN EFEKTIVITAS SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DENGAN KINERJA GURU DALAM PEMBELAJARAN DI SD SE-KECAMATAN ULUMANDA KABUPATEN MAJENE. S2 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
ARTIKEL (NUR ALIYAH B) PDF.pdf

Download (321kB)

Abstract

ABSTRAK, Telah dilakukan penelitian untuk mengetahui: Efektivitas pelaksanaan supervisi kepala sekolah SD di Kecamatan Ulumanda Kabupaten Majene, Kinerja guru dalam pembelajaran di SD se-Kecamatan Ulumanda Kabupaten Majene, Hubungan efektivitas pelaksanaan supervisi kepala sekolah dengan kinerja guru dalam pembelajaran di SD se-Kecamatan Ulumanda Kabupaten Majene. Penelitian ini tergolong penelitian korelasional. Adapun subyek penelitian ini adalah guru dan kepala sekolah SD yang berjumlah 40 responden di Kecamatan Ulumanda Kabupaten Majene dengan teknik sampel yaitu simple random sampling. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis korelasi sederhana dengan bantuan program Statistical Package for the sosial Sciences 24 (SPSS).Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang positif dan siginifikan efektivitas pelaksanaan supervisi kepala sekolah dengan kinerja guru dalam pembelajaran di SD se-Kecamatan Ulumanda Kabupaten Majene, dibuktikan dengan nilai r hitung sebesar 0,689 artinya semakin baik supervisi kepala sekolah maka kinerja guru dalam pembelajaran semakin meningkat, begitu pula sebaliknya semakin buruk supervisi kepala sekolah maka kinerja guru semakin rendah. Kata Kunci: Efektivitas Supervisi Kepala Sekolah, Kinerja Guru dalam Pembelajaran.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 09 Mar 2021 04:08
Last Modified: 09 Mar 2021 04:08
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/19329

Actions (login required)

View Item View Item