PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYIMAK MELALUI TEKNIK BISIK BERANTAI SISWA KELAS X1 BAHASA SMA PGRI GELEKAT LEWO BORU KABUPATEN FLORES TIMUR NTT

Kokomaking, Yeherlina Ohe (2021) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYIMAK MELALUI TEKNIK BISIK BERANTAI SISWA KELAS X1 BAHASA SMA PGRI GELEKAT LEWO BORU KABUPATEN FLORES TIMUR NTT. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
ARTIKEL_YEHERLINA OHE KOKOMAKING.pdf

Download (285kB)

Abstract

ABSTRAK Yeherlina Ohe Kokomaking, 2020. Peningkatan Kemampuan Menyimak melalui Teknik Bisik Berantai Siswa Kelas XI Bahasa SMA PGRI Gelekat Lewo Boru Kabupaten Flores Timur NTT. Skripsi. Pendidikan Bahasa Jerman, Fakultas Bahasa dan Sastra. Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Misnawaty Usman dan Muh. Anwar). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan menyimak melalui Teknik Bisik Berantai siswa kelas XI Bahasa SMA PGRI Gelekat Lewo Boru kabupaten Flores Timur NTT. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri atas dua siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Bahasa SMA PGRI Gelekat Lewo Boru. Teknik analisis data dalam penelitian ini terdiri atas data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh melalui observasi dan data kuantitatif diperoleh melalui hasil tes kemampuan menyimak. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes yang terdiri atas tes pilihan ganda dan benar-salah. Hasil analisis data menunjukkan bahwa kemampuan menyimak bahasa Jerman dengan nilai yang diperoleh siswa pada siklus I adalah 80,4% dan siklus II 87,2%. Data hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan teknik bisik berantai meningkatkan kemampuan menyimak bahasa Jerman siswa kelas XI Bahasa SMA PGRI Gelekat Lewo Boru kabupaten Flores Timur NTT. 1 2 3 Kata kunci: Penelitian Tindakan Kelas , Kemampuan Menyimak , Bisik Berantai

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA > Pend. Bahasa Jerman
Divisions: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 08 Mar 2021 03:28
Last Modified: 08 Mar 2021 03:28
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/19322

Actions (login required)

View Item View Item