Efektifitas Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar Sistem Bahan Bakar Bensin Siswa Kelas XI SMK Negeri 2 Pangkep

Esron, Esron (2021) Efektifitas Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar Sistem Bahan Bakar Bensin Siswa Kelas XI SMK Negeri 2 Pangkep. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
JURNAL ESRON 1.pdf

Download (218kB)

Abstract

Efektifitas Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar Sistem Bahan Bakar Bensin Siswa Kelas XI SMK Negeri 2 Pangkep 1)Esron, 2)H. Darmawang, 3)Saharuna, Universitas Negeri Makassar, Jalan Daeng Tata Raya, Kampus UNM Parangtambung, 90224 Email: esronpto@gmail.com ABSTRAK Esron, 1523041011. Efektifitas Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar Sistem Bahan Bakar Bensin Siswa Kelas XI SMK Negeri 2 Pangkep. Skripsi. Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar, 2020, dibimbing oleh H. Darmawang dan Saharuna. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bertujuan untuk mengetahui sejauh mana keaktifan siswa dan hasil belajar pada pembelajaran berbasis masalah sistem bahan bakar bensin. Penelitian ini sebanyak dua siklus. Siklus I diadakan 4 kali pertemuan dan siklus II diadakan 4 pertemuan. Pengolahan data menggunakan analisis deskriptif. Dari pengolahan dan analisis data ditemukan bahwa dengan pembelajaran berbasis masalah, efektif terhadap pembelajaran sistem bahan bakar bensin. Hal ini didasarkan pada penelitian yang menyatakan bahwa adanya peningkatan aktivitas positif dan penurunan aktivitas negatif pada tiap siklus. Aktivitas positif (aktif memecahkan masalah) pada pra siklus sebesar 33,33%, meningkat pada siklus I sebesar 47,49%, meningkat lagi menjadi 66,83% pada siklus II. Sedangkan aktivitas negatif (mengganggu temannya dan bermain) pada pra siklus sebesar 36,67%, menurun pada siklus I menjadi 21,67%, menurun lagi menjadi 13,33%, pada siklus II. Persentase siswa yang mencapai standar ketuntasan minimal belajar teori untuk pra siklus sebesar 13,33%, meningkat pada siklus I sebesar 66,66%, meningkat lagi menjadi 80%, pada siklus II. Persentase siswa yang mencapai standar ketuntasan minimal belajar praktik pada siklus I sebesar 83,33%, meningkat menjadi 93,33% pada siklus II. Kata kunci: Pembelajaran Berbasis Masalah, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS TEKNIK > Pendidikan Teknik Elektronika
Divisions: FAKULTAS TEKNIK
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 04 Mar 2021 04:11
Last Modified: 04 Mar 2021 04:11
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/19310

Actions (login required)

View Item View Item