PENGARUH GUIDED DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Mutmainnah, Iin Wustha (2021) PENGARUH GUIDED DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
JURNAL PENGARUH GUIDED DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA.pdf

Download (213kB)

Abstract

PENGARUH GUIDED DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR Iin Wustha Mutmainnah Program Studi Pendidikan Sekolah Dasar (PGSD), Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar Email: Iinwusthamutmainnah@gmail.com Abstrak: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematika siswa sekolah dasar. Masalah yang sering didapatkan di sekolah dasar adalah guru masih menggunakan metode konvensional sehingga siswa merasa bosan dan tidak bergairah untuk belajar. Penggunaan model akan membuat siswa lebih tertarik memerhatikan pembelajaran dan meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. Salah satu model yang baik digunakan dalam pembelajaran matematika yaitu Guided Discovery Learning yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model Guided Discovery Learning di sekolah dasar, mengetahui gambaran kemampuan pemecahan masalah matematika siswa sekolah dasar, dan mengetahui pengaruh penerapan model Guided Discovery Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa sekolah dasar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Expermental Design. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah Guided Discovery Learning sedangkan variabel terikatnya adalah kemampuan pemecahan masalah. Jumlah populasi yaitu 40 siswa yang terdiri atas dua kelas yang masing-masing berjumlah 20 siswa. Sampel penelitian dipilih dengan menggunakan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Data dikumpulkan dengan pemberian pretest, treatment, dan posttest. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat analisis, meliputi uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis dengan analisis akhir menggunakan uji independent sample t test dengan sistem SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Guided

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 04 Mar 2021 04:00
Last Modified: 04 Mar 2021 04:00
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/19307

Actions (login required)

View Item View Item