IMPLEMENTASI PELAKSANAAN PROGRAM ADIWIYATA DI SMP NEGERI 40 MAKASSAR Implementation of Adiwiyata Program at SMPN 40 Makassar

Rosmiati, Rosmiati (2021) IMPLEMENTASI PELAKSANAAN PROGRAM ADIWIYATA DI SMP NEGERI 40 MAKASSAR Implementation of Adiwiyata Program at SMPN 40 Makassar. S2 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
4 ARTIKEL ROSMIATI.pdf

Download (470kB)

Abstract

IMPLEMENTASI PELAKSANAAN PROGRAM ADIWIYATA DI SMP NEGERI 40 MAKASSAR Implementation of Adiwiyata Program at SMPN 40 Makassar Rosmiati1), Amal Arfan2) , dan Rosmini Maru2) 1) Program Pascasarjana Pendidikan Geografi / Universitas Negeri Makassar rosmiatimia474@gmail.com 2) Dosen Program Pascasarjana Pendidikan Geografi / Universitas Negeri Makassar amalarfan@unm.ac.id. rosminimaru@unm.ac.id ABSTRAK Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (i) Bagaimana implementasi pelaksanaan program Adiwiyata di SMP Negeri 40 Makassar ?; (ii) Bagaimana dampak program Adiwiyata di SMP Negeri 40 Makassar ?; dan (iii) Bagaimana bentuk Implementasi program Adiwiyata dalam kaitannya dengan pengembangan Proses Belajar Mengajar (PBM) di SMP Negeri 40 Makassar?.Tujuan penelitian ini adalah (i) Untuk mengetahui implementasi pelaksanaan program Adiwiyata di SMP Negeri 40 Makassar ; (ii) Untuk mengetahuidampak program Adiwiyata di SMP Negeri 40 Makassar; dan (iii) Untuk mengetahu bentuk Implementasi Program Adiwiyata dalam kaitannya dengan pengembangan Proses Belajar Mengajar (PBM) di SMP Negeri 40 Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bersifat deskriptif dengan tahappengumpulan data yaitu observasi, kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Berdasrkan hasil penelitian dan pembahasan maka Implementasi pelaksanaan program Adiwiyata di SMP Negeri 40 Makassar sudah termasuk baik karena dapat dilihat dari data yang diperoleh saat pengisian kuesioner oleh guru-guru di SMP Negeri 40 Makassar. Indikator penilaian dari Kementerian Lingkungan Hidup tentang Evaluasi Pencapaian Adiwiyata maka Implementasi pelaksanaan program Adiwiyata yang mencakup kebijakan berwawasan lingkungan, pelaksanaan kurikulum berbasis lingkungan, kegiatan lingkungan berbasis partisifatif, dan pengelolaan sarana pendukung ramah lingkungan di SMP Negeri 40 Makassar telah terpenuhi. Kata Kunci: Adiwiyata, pembentukan karakter

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: FMIPA > Geografi
PASCASARJANA > Geografi
PASCASARJANA > Geografi
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 04 Mar 2021 02:48
Last Modified: 04 Mar 2021 02:48
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/19300

Actions (login required)

View Item View Item