PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE CRH TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS II SDN 138 INPRES MANGULABBE KECAMATAN MAPPAKASUNGGU KABUPATEN TAKALAR

Fahmia, Nurul Qisty (2020) PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE CRH TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS II SDN 138 INPRES MANGULABBE KECAMATAN MAPPAKASUNGGU KABUPATEN TAKALAR. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
ARTIKEL NURUL QISTY FAHMIA.pdf

Download (217kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika yang disebabkan oleh kurangnya semangat siswa dalam belajar dan guru belum memaksimalkan penerapan model pembelajaran dalam mengajar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah; (1)Bagaimanakah gambaran penerapan model pembelajaran cooperative tipe course review horay pada mata pelajaran matematika siswa kelas II SDN 138 Inpres Mangulabbe Kecamatan Mappakasunggu Kabupaten Takalar? (2)Bagaimanakah gambaran hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas II SDN 138 Inpres Mangulabbe Kecamatan Mappakasunggu Kabupaten Takalar? (3) Apakah terdapat pengaruh terhadap pelaksanaan model pembelajaran cooperative tipe course review horay terhadap hasil belajar pada mata pelajaran matematika siswa kelas II SDN 138 Inpres Mangulabbe Kecamatan Mappakasunggu Kabupaten Takalar?. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah;(1)Untuk mengetahui gambaran penerapan model pembelajaran cooperative tipe course review horay pada mata pelajaran matematika siswa kelas II SDN 138 Inpres Mangulabbe Kecamatan Mappakasunggu Kabupaten Takalar. (2)Untuk mengetahui gambaran hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika siswa kelas II SDN 138 Inpres Mangulabbe Kecamatan Mappakasunggu Kabupaten Takalar. (3)Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran cooperative tipe course review horay pada mata pelajaran matematika siswa kelas II SDN 138 Inpres Mangulabbe Kecamatan Mappakasunggu Kabupaten Takalar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II dengan menggunakan metode pengambilan sampel yaitu simpel random sampling. Total keseluruhan sampel adalah 38 siswa dengan kelompok eksperimen 19 siswa dan kelompok kontrol 19 siswa. Data dikumpulkan dengan menggunakan instrument penelitian berupa soal tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah Independent Sampel t-test dengan bantuan aplikasi IBM SPSS Statistic Version 20. Analisis statistik deskriptif ditemukan hasil belajar Matematika siswa meningkat dan berada pada kategori tinggi. Hasil penelitian dengan menggunakan 38 responden tersebut menunjukkan bahwa;(1) proses pembelajaran dengan menggunakan model course review horay pada kelompok eksperimen berlangsung secara efektif dikarenakan hampir seluruh aspek pembelajaran pada pelaksanaan proses pembelajaran terlaksana dengan baik dan siswa aktif dalam mengikuti proses pembelajaran. (2)Hasil belajar siswa pada kelompok eksperimen meningkat dibandingkan hasil belajar siswa pada kelompok kontrol. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai post-test pada kelompok eksperimen berada pada kategori baik sedangkan pada kelompok kontrol berada pada kategori cukup. (3)Terdapat pengaruh penggunaan model course review horay. Hal ini karena adanya perbedaan yang signifikan antara kelompok eksperimen dengan menggunakan model course review horay dan kelompok kontrol tanpa menggunakan model course review horay. Kata Kunci: Cooperative learning, Course Review Horay, Hasil Belajar, Matematika

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 03 Mar 2021 05:55
Last Modified: 03 Mar 2021 05:55
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/19291

Actions (login required)

View Item View Item