PENERAPAN MEDIA VIDEO ANIMASI DALAM KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI BAHASA JERMAN SISWA KELAS XII SMAN 11 MAKASSAR

Palimbong, Yunita Wulandari (2021) PENERAPAN MEDIA VIDEO ANIMASI DALAM KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI BAHASA JERMAN SISWA KELAS XII SMAN 11 MAKASSAR. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Artikel Yunita Wulandari Palimbong.pdf

Download (700kB)

Abstract

ABSTRAK Yunita Wulandari Palimbong. 2020. Penerapan Media Video Animasi dalam Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Bahasa Jerman Siswa Kelas XII SMAN 11 Makassar. Skripsi. Fakultas Bahasa dan Sastra Universitas Negeri Makassar. (Dibimbing oleh Syukur Saud dan Nurming Saleh) Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dengan 2 siklus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan, proses, dan hasil pembelajaran dengan menggunakan video animasi dalam keterampilan menulis karangan deskripsi bahasa Jerman siswa kelas XII SMAN 11 Makassar. Data penelitian ini terdiri atas dua jenis, yaitu data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif diperoleh melalui observasi sedangkan data kuantitatif diperoleh melalui tes keterampilan menulis siklus I dan siklus II. Data dianalisis dengan menggunakan teknik persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan menulis dengan persentase nilai yang diperoleh siswa pada siklus I mencapai 65,71 dan siklus II mencapai 78,28. Hasil ini menunjukkan bahwa penerapan media pembelajaran video animasi meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi bahasa Jerman siswa kelas XII SMA negeri 11 Makassar. Kata kunci: Video Animasi, Keterampilan Menulis, Karangan Deskripsi.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Divisions: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 03 Mar 2021 05:33
Last Modified: 03 Mar 2021 05:33
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/19283

Actions (login required)

View Item View Item