PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PENYELENGGARAAN PEMILU TAHUN 2019 (STUDI PADA MASYARAKAT DESA BONTO BAJI KECAMATAN KAJANG KABUPATEN BULUKUMBA)

UDDIN, EVI (2021) PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PENYELENGGARAAN PEMILU TAHUN 2019 (STUDI PADA MASYARAKAT DESA BONTO BAJI KECAMATAN KAJANG KABUPATEN BULUKUMBA). S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
ARTIKEL SKRIPSI EVI.pdf

Download (242kB)

Abstract

Partisipasi Masyarakat Dalam Penyelenggaraan Pemilu Tahun 2019 (Studi Pada Masyarakat Desa Bonto Baji Kecamatan Kajang Kabupaten Bulukumba). Skripsi Fakultas Ilmu Sosial Jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Universitas Negeri Makassar di bimbing oleh Lukman Ilham dan Nurharsya Khaer Hanafie. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui faktor determinan yang berpengaruh pada tingkat partisipasi masyarakat dalam penyelenggaraan pemilu tahun 2019. (2) Mengetahui hambatan yang dialami oleh penyelenggara pemilu dalam penyelenggaraan pemilu tahun 2019. (3) mengetahui upaya yang dilakukan oleh pemerintah dalam meningkatkan partisipasi masyarakat dalam penyelnggaraan pemilu tahun 2019. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitian deskriptif. Sumber data primer yaitu informan terdiri dari masyarakat dan penyelenggara pemilu. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) faktor determinan partisipasi masyarakat dalam penyelenggaraan pemilu tahun 2019 ialah kesadaran menggunakan hak pilih, rasa ingin tahu, sosialisasi tim sukses. 2) hambatan yang dialami oleh penyelenggara pemilu dalam penyelenggaraan pemilu tahun 2019 dari segi waktu pelaksanaan pemilu lama, gaji tidak sebanding dengan tenaga yang dikeluarkan. 3) upaya yang dilakukan oleh pemerintah dalam meningkatkan partisipasi masyarakat dalam penyelnggaraan pemilu tahun 2019 yaitu mengadakan sosialisasi, pendidikan politik, dan kampanye.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS ILMU SOSIAL > Pendidikan Kewarganegaraan PPKn
Divisions: FAKULTAS ILMU SOSIAL
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 03 Mar 2021 05:22
Last Modified: 03 Mar 2021 05:22
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/19279

Actions (login required)

View Item View Item