PENERAPAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERMAIN RECORDER PADA MATA PELAJARAN SBdP SISWA KELAS VB SD INPRES MINASA UPA 1 KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR

Anwar, Sri Rahayu (2020) PENERAPAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERMAIN RECORDER PADA MATA PELAJARAN SBdP SISWA KELAS VB SD INPRES MINASA UPA 1 KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
ARTIKEL-SRI RAHAYU ANWAR.pdf

Download (132kB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya keterampilan bermain alat music khususnya Recorder pada mata pelajaran SBdP. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan metode demonstrasi untuk meningkatkan keterampilan bermain recorder pada mata pelajaran SBdP siswa kelas VB SD Inpres Minasa Upa 1 Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode demonstrasi untuk meingkatkan keterampilan bermain recorder pada mata pelajaran SBdP siswa kelas VB SD Inpres Minasa Upa 1 Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Pendekatakan yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif dan jensi penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus dan setiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan. Setiap siklus melalui 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi, tahap reflexi. Fokus penelitian ini adalah penerapan metode demonstrasi untuk meingkatkan keterampilan bermain recorder pada mata pelajaran SBdP siswa kelas VB SD Inpres Minasa Upa 1 kecamatan rappocini kota makassar. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VB SD Inpres Minasa Upa 1 sebanyak 29 orang terdiri dari 14 murid laki-laki dan 15 murid perempuan. Dalam penelitian ini peneliti bertindak sebagai observer dan guru sebagai pengajar. Teknik analisis data adalah kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menujukkan bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran SBdP dengan ketuntasan siklus I 65,51% sedangkan siklus II pencapaian ketuntasan keterampilan 100% pada kategori baik (B). Kesimpulan dalam penelitian ini adalah bahwa penerapan metode demonstrasi dapat meningkatkan keterampilan bermain recorder pada mata pelajaran SBdP siswa kelas VB SD Inpres Minasa Upa 1 Kecamatan Rappocini Kota Makassar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 03 Mar 2021 05:18
Last Modified: 03 Mar 2021 05:18
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/19277

Actions (login required)

View Item View Item