PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDIALIZATION (TAI) DAN PENGELOLAAN KELAS TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PPKn PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 8 MAKASSAR

Syaifuddin, Mufti (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDIALIZATION (TAI) DAN PENGELOLAAN KELAS TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PPKn PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 8 MAKASSAR. S2 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
06 Artikel.docx

Download (122kB)

Abstract

Mufti Syaifuddin1 Imam Suyitno2 Mustari3 Jurusan Pendidikan Hukum dan Kewarganegaraan Ilmu Pendidikan Sosial,Universitas Negeri Makassar muftisyaifuddin0@gmail.com mistari311265@gmail.com imamsuyitno@unm.ac.id Abstrak. Pengaruh Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) dan Pengelolaan Kelas Terhadap Motivasi Belajar PPKn Peserta Didik di SMP Negeri 8 Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; (i) apakah terdapat pengaruh positif dan signifikan model Team Assisted Individualization (TAI) dan pengelolaan kelas terhadap motivasi belajar PPKn peserta didik di SMP Negeri 8 Makassar, (ii) apakah terdapat pengaruh positif dan signifikan model Team Assisted Individualization (TAI) terhadap motivasi belajar PPKn peserta didik di SMP Negeri 8 Makassar, (iii) apakah terdapat pengaruh positif dan signifikan pengelolaan kelas terhadap motivasi belajar PPKn peserta didik di SMP Negeri 8 Makassar. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode survey. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 8 Makassar yang berjumlah 440. Teknik pengambilan sampel dengan Simple Random Sampling dengan jumlah sampel 195. Teknik pengumpulan data yang melalui angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (i) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan model Team Assisted ndividualization (TAI) dan pengelolaan kelas terhadap motivasi belajar PPKn peserta didik di SMP Negeri 8 Makassar. Ditunjukkan dengan nilai Fhitung sebesar 108,104 > Ftabel 3,04. Sementara tingkat signifikansi 0,000 < 0,05 dan secara simultan ada 53% kontribusi model Team Assisted Individualization (TAI) dan pengelolaan kelas terhadap motivasi belajar PPKn peserta didik di SMP Negeri 8 Makassar. (ii) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) terhadap motivasi belajar PPKn peserta didik di SMP Negeri 8 Makassar. Ditunjukkan dengan nilai thitung 12, 749 > ttabel 1,645 dengan signifikansi 0,000 < 0,05. (iii) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara pengelolaan kelas terhadap motivasi belajar PPKn peserta didik di SMP Negeri 8 Makassar. Ditunjukkan nilai thitung 11, 365 > ttabel 1,645 dengan signifikansi 0,000 < 0,05. Kata kunci: Model TAI, pengelolaan kelas, motivasi belajar.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > PENDIDIKAN ILMU SOSIAL - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 03 Mar 2021 04:20
Last Modified: 03 Mar 2021 04:20
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/19270

Actions (login required)

View Item View Item