IMPLEMENTASI KEBIJAKAN SERTIFIKASI GURU SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI KABUPATEN MAMASA

Yustina, Yustina (2021) IMPLEMENTASI KEBIJAKAN SERTIFIKASI GURU SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI KABUPATEN MAMASA. S2 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Jurnal Yustina.pdf

Download (237kB)

Abstract

ABSTRAK Yustina. 2020. Implementasi Kebijakan Sertifikasi Guru Sekolah Menengah Pertama di Kabupaten Mamasa. (dibimbing oleh Ketua Komisi Penasihat Prof.Dr.Rifdan,M.Si serta Anggota Komisi Penasihat Dr. Risma Niswaty,S.S.,M.Si). Pendidikan merupakan aspek terpenting dalam upaya meningkatkan kualitas sumberdaya manusia, agar mampu bersaing di tengah kompetisi kehidupan berbangsa yang semakin maju dan modern. Kementerian Pendidikan Nasional telah mengambil jalan untuk lebih meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia dengan cara meningkatkan kualitas sumber daya manusia melalui kebijaan sertifikasi guru yang diatur di dalam Permendiknas Nomor 11 Tahun 2011 tentang Sertifikasi Guru dalam Jabatan dan yang peraturan terbaru Permendikbud No 37 Tahun 2017 Tentang Sertifikasi Bagi Guru dalam Jabatan yang bertujuan adanya peningkatan profesionalisme guru dalam melaksanakan tugas dan fungsinya. Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengkaji dan mendeskripsikan implementasi kebijakan sertifikasi guru SMP di Kabupaten Mamasa dilihat dari aspek komunikasi, sumber daya, disposisi, dan struktur birokrasi. 2) Untuk mengidentifikasi dan menganalisis faktor determinan pendukung ssimplementasi kebijakan sertifikasi guru SMP di Kabupaten Mamasa, 3) Untuk mengetahui upaya yang dilakukan Dinas Pendidikan Kabupaten Mamasa untuk mengatasi kemampuan guru dalam penggunaan IT. Penelitian ini berjenis kualitatif dengan menggunakan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data melalui wawancara terstruktur, observasi dan dokumentasi. Teknik Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data model interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Dari ke empat aspek komunikasi, sumber daya, disposisi, dan struktur birokrasi yang keempatnya menunjukkan pelaksanaannya sudah terlaksana dengan baik, sehingga secara keseluruhan implementasi kebijakan sertifikasi guru SMP di Kabupaten Mamasa dinilai sudah berjalan dengan baik. 2) Faktor determinan pendukung keberhasilan kebijakan sertifikasi guru pada Sekolah Menengah Pertama di Kabupaten Mamasa yang dinilai terlaksana dengan baik dikarenakan adanya faktor struktur birokrasi yang telah terjadi pembagian tugas dengan baik serta adanya Standart Operational Prosedural (SOP) atau buku petunjuk teknis sertifikasi. Selain daripada itu, faktor pendukung lainnya ialah aspek komunikasi yang dilakukan melalui berbagai kegiatan sosialisasi. 3) Upaya Dinas Pendidikan untuk mengatasi kemampuan guru dalam penggunaan IT yaitu melalui kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) terkait sistem pelaksanaan sertifikasi guru berbasis online. Kata Kunci: Implementasi Kebijakan, Sertifikasi Guru

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > ILMU ADMINISTRASI PUBLIK - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 03 Mar 2021 04:16
Last Modified: 03 Mar 2021 04:16
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/19269

Actions (login required)

View Item View Item