EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE EVERYONE IS A TEACHER HERE (ETH) PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 6 DUA PITUE KABUPATEN SIDRAP

rfah BT, Siti Aisyah A (2021) EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE EVERYONE IS A TEACHER HERE (ETH) PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 6 DUA PITUE KABUPATEN SIDRAP. S2 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
ARTIKLE_TESIS_SITI AISYAH ARFAH BT_182050701003-converted (3).pdf

Download (252kB)

Abstract

Siti Aisyah Arfah BT Prodi Pendidikan Matematika, PPs,Universitas Negeri Makassar E-mail: 002sitiaisyaharfahbt.math14@gmail.com Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Kooperatif tipe Everyone is A Teacher Here (ETH) pada Pembelajaran Matematika Peserta didik Kelas VIII SMP Negeri 6 Dua Pitue Kabupaten Sidrap. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah One-Group Pretest Posttest Design. Penelitian ini melibatkan satu kelas ekperimen, yakni kelas VIII .1 yang terdiri dari 20 peserta didik yang dipilih dengan Teknik cluster random sampling. Kelas tersebut diberi perlakuan dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Everyone is A Teacher Here (ETH). Teknik pengumpulan data yang digunakan tes hasil belajar, lembar observasi aktivitas peserta didik dan lembar angket responss peserta didik. Data dianalisis dengan menggunakan analisis statistika deskriptif dan analisis statistika inferensial.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Hasil belajar matematika peserta didik setelah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Everyone is A Teacher Here (ETH), rata-rata skor post-test lebih baik dari rata-rata skor pre-test, rata-rata skor post-test adalah 81,50 >KKM, peningkatan hasil belajar matematika (nilai gain) peserta didik signifikan dan berada pada kategori tinggi dan hasil belajar matematika peserta didik mencapai ketuntasan klasikal, yakni 90%; 2) aktivitas peserta didik dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Everyone is A Teacher Here (ETH berada pada kategori aktif; 3) respons peserta didik terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Everyone is A Teacher Here (ETH) berada pada kategori positif. Berdasarkan kriteria keefektifan, secara umum penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Everyone is A Teacher Here (ETH) efektif pada peserta didik kelas VIII.1 SMP Negeri 6 Dua Pitue Kabupaten Sidrap. Kata Kunci: Efektivitas, Pembelajaran tipe Everyone is A Teacher Here (ETH).

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 02 Mar 2021 03:45
Last Modified: 02 Mar 2021 03:45
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/19253

Actions (login required)

View Item View Item