PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK YANG DIAJAR MELALUI PENDEKATAN OPEN ENDED DAN PROBLEM POSING DALAM PEMBELAJARAN KOLABORATIF YANG DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL PADA KELAS VIII SMP NEGERI 3 DUAPITUE KABUPATEN SIDRAP

MUTHALIB, MUTHALIB (2021) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK YANG DIAJAR MELALUI PENDEKATAN OPEN ENDED DAN PROBLEM POSING DALAM PEMBELAJARAN KOLABORATIF YANG DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL PADA KELAS VIII SMP NEGERI 3 DUAPITUE KABUPATEN SIDRAP. S2 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
MUTHALIB_ARTIKEL_182050701004.docx

Download (130kB)

Abstract

MUTHALIB Prodi Pendidikan Matematika, PPs, Universitas Negeri Makassar E-mail: muh.thalib19@gmail.com Abstrak. Penelitian ini bertujuan mengetahui perbandingan hasil belajar matematika peserta didik yang diajar melalui pendekatan Open Ended dan Problem Posing yang ditinjau dari kemampuan awal pada kelas VIII SMP Negeri 3 Duapitue Kabupaten Sidrap. Jenis peneltian ini adalah penelitian kuantitatif quasi eksprimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Duapitue Kabupaten Sidrap semester ganjil tahun pelajaran 2020/2021 yang terdiri dari 3 kelas. Sampel penelitian ini terdiri dari dua kelas eksprimen yang dipilih dengan teknik cluster random sampling. Kelas VIII A dan Kelas VIII C yang masing-masing berjumlah 27 dan 26 peserta didik diajar dengan pendekatan Open Ended dan Problem Posing. Teknik pengumpulan data yang digunakan ada dua yaitu tes hasil belajar dan lembar observasi (lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran dan lembar observasi aktivitas peserta didik). Data dianalisis dengan menggunakan analisis statistika deskriptif dan analisis statistika inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik berkemampuan awal tinggi melalui pendekatan Open Ended dan Problem Posing dalam pembelajaran Kolaboratif pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Duapitue Kabupaten Sidrap. 2) Tidak ada perbedaan ketuntasan hasil belajar peserta didik berkemampuan awal tinggi yang diajar melalui pendekatan Open Ended dan Problem Posing dalam pembelajaran Kolaboratif. 3) Terdapat perbedaan peningkatan peserta didik berkemampuan awal tinggi yang diajar melalui pendekatan Open Ended dan Problem Posing dalam pembelajaran Kolaboratif . 4) Tidak terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik berkemampuan awal sedang yang diajar melalui pendekatan Open Ended dan Problem Posing dalam pembelajaran Kolaboratif. 5) Tidak ada perbedaan ketuntasan hasil belajar peserta didik berkemampuan awal sedang yang diajar melalui pendekatan Open Ended dan Problem Posing dalam pembelajaran Kolaboratif. 6) Terdapat perbedaan peningkatan peserta didik berkemampuan awal sedang yang diajar melalui pendekatan Open Ended dan Problem Posing dalam pembelajaran Kolaboratif. 7) Tidak terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik berkemampuan awal rendah yang diajar melalui pendekatan Open Ended dan Problem Posing dalam pembelajaran Kolaboratif. 8) Terdapat perbedaan ketuntasan hasil belajar peserta didik berkemampuan awal rendah yang diajar melalui pendekatan Open Ended dan Problem Posing dalam pembelajaran Kolaboratif. 9) Terdapat perbedaan peningkatan peserta didik berkemampuan awal rendah yang diajar melalui pendekatan Open Ended dan Problem Posing dalam pembelajaran Kolaboratif. Kata Kunci: Kolaboratif, open ended ,problem possing, Kemampuan awal, matematika, hasil belajar.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 02 Mar 2021 03:42
Last Modified: 02 Mar 2021 03:42
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/19252

Actions (login required)

View Item View Item