PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BLOK PECAHAN TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP PECAHAN SISWA KELAS III SDN 2 TONDON KECAMATAN TONDON KABUPATEN TORAJA UTARA

Putriany, Heny (2020) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BLOK PECAHAN TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP PECAHAN SISWA KELAS III SDN 2 TONDON KECAMATAN TONDON KABUPATEN TORAJA UTARA. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
ARTIKEL HENY PUTRIANY-NIM 1647440008.pdf

Download (458kB)

Abstract

Abstrak: Penelitian ini adalah penelitian yang menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui (1) Gambaran penggunaan media pembelajaran blok pecahan siswa kelas III SDN 2 Tondon Kecamatan Tondon Kabupaten Toraja Utara, (2) Gambaran pemahaman konsep pecahan siswa dengan menggunakan media pembelajaran blok pecahan di kelas III SDN 2 Tondon Kecamatan Tondon Kabupaten Toraja Utara, (3) Pengaruh penggunaan media pembelajaran blok pecahan terhadap pemahaman konsep pecahan siswa kelas III SDN 2 Tondon Kecamatan Tondon Kabupaten Toraja Utara. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah penggunaan media pembelajaran blok pecahan, sedangkan variabel terikatnya adalah pemahaman konsep pecahan. Pemilihan sampel yang dilakukan yaitu menggunakan teknik simple random sampling dengan hasil kelas III B sebagai kelompok eksperimen dan kelas III A sebagai kelompok kontrol, masing-masing terdiri dari 28 jumlah siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian yaitu tes, observasi dan dokumentasi. Data dikumpulkan dari pemberian tes pada ranah kognitif kemudian di analisis secara statistik deskriptif dan statistik inferensial menggunakan uji Independent sample TTest. Hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa: (1) Gambaran penggunaan media pembelajaran blok pecahan terlihat berdasarkan lembar observasi, dari tahapan-tahapan pembelajaran yang di amati pada setiap pertemuan proses pembelajaran terlihat meningkat melalui kegiatan siswa maupun guru, (2) Gambaran pemahaman konsep pecahan siswa dengan menggunakan media pembelajaran blok pecahan, pada perolehan hasil pretest kelompok eksperimen dan kelompok kontrol masuk dalam kategori kurang. Sedangkan, pada perolehan hasil posttest kelompok eksperimen berada pada kategori sangat baik dan kelompok kontrol masuk dalam kategori baik, (3) Berdasarkan hasil analisis statistik inferensial diperoleh nilai probabilitas pada posttest kedua kelompok yaitu P= 0,010 lebih kecil dari α= 0,05. Hal ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran blok pecahan memberikan pengaruh terhadap pemahaman konsep pecahan siswa kelas III SDN 2 Tondon Kecamatan Tondon Kabupaten Toraja Utara. Kata Kunci: media blok pecahan, pemahaman konsep, pecahan

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 02 Mar 2021 02:26
Last Modified: 02 Mar 2021 02:26
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/19248

Actions (login required)

View Item View Item