Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS) Mata Pelajaran Fisika Di SMA Islam Terpadu Nurul Fikri Makassar

Bestari, Fityah (2021) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS) Mata Pelajaran Fisika Di SMA Islam Terpadu Nurul Fikri Makassar. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
JURNAL_FITYAH BESTARI_1629041059.docx

Download (120kB)

Abstract

Fityah Bestari1, Syahrul 2, Alimuddin Sa’ban Miru 3 Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, Universitas Negeri Makassar fityahbestari003@gmail.com, asmiru63@gmail.com Abstrack - Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran pada mata pelajaran Fisika menggunakan Adobe Flash yang berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS) dan mengetahui tanggapan atau pandangan peserta didik terhadap media pembelajaran. Dengan aspek berfikir kritis (HOTS) meliputi menganalisis (C4), mengevaluasi (C5) dan mencipta (C6). Jenis penelitian yang digunakan ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan 4D (Four D Models) yang terdiri dari tahap Define (pendifinisian), Design (perancangan), Development (pengembangan), dan Disseminate (penyebaran). Instrumen penilaian yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar validasi dan angket yang diberikan kepada ahli media, ahli materi, dan peserta didik. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, pendapat para ahli terhadap media pembelajaran interaktif berbasis HOTS menggunakan aplikasi Adobe Flash mendapat kriteria sangat layak dengan rata-rata penilaian ahli media sebesar 96,67% dan penilaian ahli materi sebesar 88,28%. Respon peserta didik terhadap media pembelajaran interaktif berbasis HOTS menggunakan aplikasi Adobe Flash yang dikembangkan ini dalam uji coba kelompok kecil memperoleh hasil rata-rata sebesar 83,33% pada kategori sangat baik, dan 16,67% pada kategori baik. Serta pada uji coba kelompok besar memperoleh hasil rata-rata sebesar 90,47% untuk kategori sangat baik dan 9,52% pada kategori baik. Berdasarkan hal ini, dapat disimpulkan bahwa user memiliki tanggapa yang positif terhadap media ini. Kata Kunci: Media Pembelajaran, HOTS, Fisika, Adobe Flash.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS TEKNIK > Pend. Teknik Informatika dan Komputer
Divisions: FAKULTAS TEKNIK
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 01 Mar 2021 07:08
Last Modified: 01 Mar 2021 07:08
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/19241

Actions (login required)

View Item View Item