DAMPAK DAKWAH DI MEDIA SOSIAL (STUDI PADA PERILAKU KEAGAMAAN MAHASISWA KOMUNITAS AL-FURQON FAKULTAS ILMU SOSIAL UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR)

Safitri, Faizah Zahra (2021) DAMPAK DAKWAH DI MEDIA SOSIAL (STUDI PADA PERILAKU KEAGAMAAN MAHASISWA KOMUNITAS AL-FURQON FAKULTAS ILMU SOSIAL UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR). S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
JURNAL.pdf

Download (570kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak dakwah di media sosial pada perilaku keagamaan mahasiswa komunitas Al-Furqon. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Jumlah informan pada penelitian ini sebanyak 8 orang yang ditentukan melalui teknik purposive sampling dengan kriteria informan yaitu mahasiswa komunitas AlFurqon UNM, mahasiswa komunitas Al-Furqon (pengurus dan demisioner), mahasiswa komunitas Al-Furqon angkatan 2016-2017, mahasiswa komunitas AlFurqon yang memiliki media sosial (Whatshapp, facebook, instagram), mahasiswa komunitas Al-Furqon yang aktif pada media sosial (whatshapp, facebook, instagram). Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengabsahan data menggunakan member check. Teknik analisis data yang digunakan yaitu kondensasi data, model data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1.) Dampak positif dakwah di media sosial pada perilaku keagamaan mahasiswa komunitas Al-furqon yakni: a.) perilaku terhadap diri sendiri. Sebagai nasehat, sebagai pengingat diri, semangat dalam beribadah, menjadikan nalar kritis menerima ilmu agama. b.) perilaku terhadap sesama. Menghormati dan menghargai orang lain, menjawab salam dan memberikan salam ketika bertemu, santun dalam berbicara, berhati-hati dalam bertutur kata agar tidak menyakiti perasaan orang lain. 2). Dampak negatif dakwah di media sosial pada perilaku keagamaan mahasiswa komunitas AlFurqon yaitu: a) perilaku terhadap diri sendiri. Sukar mendalami ilmu agama. b) perilaku terhadap sesama. Berupa, bersifat individualis

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS ILMU SOSIAL > Pendidikan Sosiologi
Divisions: FAKULTAS ILMU SOSIAL
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 01 Mar 2021 04:16
Last Modified: 01 Mar 2021 04:16
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/19227

Actions (login required)

View Item View Item