PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 4 PINRANG

Kamaruddin, Fatmah (2021) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 4 PINRANG. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Artikel Fatmah Kamaruddin.pdf

Download (649kB)

Abstract

PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 4 PINRANG. 1)Fatmah Kamaruddin, 2)Halifah Pagarra, 3)Nurhayati B 1) Mahasiswa Pendidikan Biologi, Universitas Negeri Makassar, Kota Makassar 2) 3) Dosen Jurusan Biologi, Universitas Negeri Makassar, Kota Makassar email: 1) fatmahkamaruddin@gmail.com 2halifah.pagarra@unm.ac.id 3) nurhayati.b@unm.ac.id Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Project Based Learning terhadap hasil belajar siswa pada materi perubahan lingkungan kelas X SMA Negeri 4 Pinrang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (Quasy Experimental). Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas X MIA SMA Negeri 4 pinrang yang dipilih dengan cara purposive sampling. Pada kelas X MIA 3 sebagai kelas eksperimen yang diberikan perlakuan dengan dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran PjBL, sedangkan pada kelas XI MIA II sebagai kelas kontrol dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran langsung. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dalam bentuk pilihan ganda (multiple choice) sebanyak 25 butir soal. Data yang terkumpul dianalisis secara statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) memiliki skor rata-rata 73,0 pada kategori sangat baik. Sedangkan hasil belajar peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran langsung memiliki skor rata-rata 71,29 berada pada kategori baik dan terdapat pengaruh model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap hasil belajar peserta didik pada materi perubahan lingkungan di SMA Negeri 4 Pinrang. Kata Kunci : model pembelajaran, Project Based Learning (PjBL), hasil belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FMIPA > BIOLOGI - (S1)
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 01 Mar 2021 04:12
Last Modified: 01 Mar 2021 04:12
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/19224

Actions (login required)

View Item View Item