PERAN OLAH TUBUH UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN GERAK TARI PADA ANAK TUNA RUNGU KELAS X DI SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI 1 GOWA

Afrini, Legi HB (2020) PERAN OLAH TUBUH UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN GERAK TARI PADA ANAK TUNA RUNGU KELAS X DI SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI 1 GOWA. S1 thesis, Fakultas Seni dan Desain.

[img] Text
JURNAL LEGI AFRINI HB.pdf

Download (129kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengumpulkan data yang lengkap tentang: 1) Untuk mengetahui penerapan pembelajaran olah tubuh kelas X di Sekolah Luar Biasa Negeri 1 Gowa. 2) Untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan gerak olah tubuh pada anak tuna rungu kelas X di Sekolah Luar Biasa Negeri 1 Gowa. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Data-data yang dikumpul dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif atau dapat pula disebut situasi dari berbagai data yang dikumpulkan berupa hasil wawancara atau pengamatan langsung di lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Proses tindakan pada siklus I dan II sama-sama memiliki progres atau tahapan yang menuju kearah meningkat, hal itu dikatakan baik dan mengalami peningkatan yang signifikan tentang peran gerak olah tubuh pada tarian dikarenakan siswa telah mampu memberikan respon positif. Kerjasama antara siswa dalam mendiskusikan gerak olah tubuh dalam sebuah tarian dan menerapkannya dalam sebuah penampilan tari secara langsung tanpa terlihat kaku dan arahan guru dapat dikatakan sangat baik sehingga peneliti menyimpulkan terjadinya peningkatan keterampilan terhadap siswa anak tuna rungu. 2) Hasil Peningkatan Keterampilan Gerak Tari Pada Anak Tuna Rungu Kelas X Di Sekolah Luar Biasa Negeri 1 Gowa mengalami peningkatan dari hasil tes praktik langsung atau lembar observasi penilaian keterampilan. Pada siklus I siswa yang mampu memenuhi nilai standar kelulusan yaitu 2 orang siswa sedangkan 3 orang siswa belum mampu memenuhi nilai standar keberhasilan. Melihat beberapa yang belum mampu, maka peneliti melanjutkan tindakan ke siklus II. Adapun hasil yang dicapai pada siklus II sangat memuaskan yaitu seluruh siswa mampu memenuhi nilai standar keberhasilan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Pendidikan sendratasik
Divisions: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
Depositing User: Pustaka FSD yayu
Date Deposited: 26 Mar 2021 06:01
Last Modified: 26 Mar 2021 06:01
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/19207

Actions (login required)

View Item View Item