PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SENI BUDAYA ASPEK TEATER MATERI TEKNIK DASAR SENI PERAN MENGGUNAKAN APLIKASI TIKTOK DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 3 TANASITOLO KABUPATEN WAJO SULAWESI SELATAN

Kasin, Wulandari Besse Ayu (2020) PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SENI BUDAYA ASPEK TEATER MATERI TEKNIK DASAR SENI PERAN MENGGUNAKAN APLIKASI TIKTOK DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 3 TANASITOLO KABUPATEN WAJO SULAWESI SELATAN. S1 thesis, Fakultas Seni dan Desain.

[img] Text
JURNAL BESSE AYU WULANDARI KASIN (1682041011) PENDIDIKAN SENDRATASIK..pdf

Download (520kB)

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah mengetahui proses perancangan, validitas dan kepraktisan media pembelajaran Seni Budaya aspek Teater materi Teknik Dasar Seni Peran menggunakan aplikasi TikTok di Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Tanasitolo Kabupaten Wajo Sulawesi Selatan. Sumber data dalam penelitian ini terdapat dua jenis, yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik analisis data yang digunakan adalah data yang diperoleh melalui kegiatan uji coba diklasifikasikan menjadi dua, yaitu data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif berupa kritik dan saran yang dikemukakan ahli materi, ahli media, dan peserta didik dihimpun untuk memperbaiki produk media pembelajaran ini. Data kuantitatif yang diperoleh dari kuisioner selanjutnya dikonversikan ke data kualitatif dengan skala 5 (skala likert). Perancangan media pembelajaran Seni Budaya aspek Teater materi Teknik Dasar Seni Peran menggunakan aplikasi TikTok, perancangan media pembelajaran ini dilakukan melalui 4 tahap yaitu a. tahap analisis; b. tahap perencanaan; c. tahap perancangan; dan d. tahap implementasi.Berdasarkan 4 tahap tersebut dapat disimpulkan bahwa produk media pembelajaran Seni Budaya aspek Teater menggunakan aplikasi TikTok layak digunakan sebagai media pembelajaran bagi siswa kelas XI pada Materi Teknik Dasar Seni Peran di sekolah. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Seni Budaya, Aplikasi TikTok.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Pendidikan sendratasik
Divisions: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
Depositing User: Pustaka FSD yayu
Date Deposited: 26 Mar 2021 06:00
Last Modified: 26 Mar 2021 06:00
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/19202

Actions (login required)

View Item View Item