PENGARUH MODEL LEARNING CYCLE 5E TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK SMA NEGERI 2 WOHA BIMA

FUADI, MUHAMMAD (2020) PENGARUH MODEL LEARNING CYCLE 5E TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK SMA NEGERI 2 WOHA BIMA. S2 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

Full text not available from this repository.

Abstract

FUADI, MUHAMMAD. 2020. Pengaruh Model Learning cycle 5e terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik SMA Negeri 2 Woha Bima (dibimbing oleh Kaharuddin Arafah dan Muhammad Arsyad) Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif menggunakan The Randomized PostestOnly Control Group Design, yang bertujuan: 1) mendeskripsikan besar motivasi belajar peserta didik yang diajar menggunakan model learning cycle 5E; 2) mendeskripsikan besar motivasi belajar peserta didik yang diajar menggunakan model konvensional; 3) mendeskripsikan besar hasil belajar peserta didik yang diajar menggunakan model learning cycle 5E; 4) mendeskripsikan besar hasil belajar peserta didik yang diajar menggunakan model konvensional; 5) menganalisis perbedaan motivasi belajar antara peserta didik yang diajar menggunakan model learning cycle 5E dengan model konvensional pada peserta didik; 6) menganalisis perbedaan hasil belajar fisika antara peserta didik yang diajar menggunakan model learning cycle 5E dengan model konvensional pada peserta didik. Pengumpulan dara dalam penelitian ini dilaksanakan dalam tiga tahap yaitu: 1) tahap persiapan yang meliputi observasi awal pada sampel penelitian dan penyusunan perangkat,serta instrumen penelitian termasuk validasi isi dan empiris, 2) tahap pelaksanaan berupapemberian kuesioner hasil belajar fisika, penggunaan model learning cycle 5E pada kelas eksperimen dan penggunaan metode konvensional pada kelas control, 3) tahap akhir dengan pemberian posstest yang kemudian dilakukan analisis untuk uji hipotesis. Data hasil penelitian dioalh secara deskriptif dan inferensial untuk menggambarkan hasil belajar fisika. Hasil analisis deskriptif memperlihatkan bahwa skor rata-rata motivasi belajar fisika peserta didik yang diajar menggunakan model learning cycle 5E sebesar 120.48 dan standar deviasi 6,178 dan skor rata-rata hasil belajar peserta didik yang diajar menggunakan model learning cycle 5E sebesar 21,90 dan standar deviasi 3,59. Sedangkan skor rata-rata motivasi belajar fisika peserta didik yang diajar secara konvensional 116,38 dan standar deviasi 5.696 dan skor rata-rata hasil belajar peserta didik yang diajar menggunakan metode konvensional 18,90 dan standar deviasi 3,93. Analisis inferensial menggunakan uji-t dua pihak dengan taraf signifikan α = 0,05 dengan kesimpulan bahwa 1) Terdapat perbedaan Motivasi belajar fisika yang signifikan antara yang diajar menggunakan model pembelajaran learning cycle 5E dengan model konvensional peserta didik pada kelas XI IPA SMA Negeri 2 Woha Bima; 2) Terdapat perbedaan hasil belajar fisika yang signifikan antara yang diajar menggunakan model pembelajaran learning cycle 5E dengan model konvensional peserta didik pada kelas XI IPA SMA Negeri 2 Woha Bima. Kata Kunci:Model Learning cycle 5E, Konversional, Motivasi, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > FISIKA (S2)
PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 25 Feb 2021 04:18
Last Modified: 25 Feb 2021 04:18
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/19166

Actions (login required)

View Item View Item