PERSEPSI GURU TERHADAP PENERAPAN METODE ROLE PLAYING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS IV SDN 12 MANURUNGE KECAMATAN TANETE RIATTANG KABUPATEN BONE

Andi Dewi, Ermawati S. (2020) PERSEPSI GURU TERHADAP PENERAPAN METODE ROLE PLAYING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS IV SDN 12 MANURUNGE KECAMATAN TANETE RIATTANG KABUPATEN BONE. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
Artikel Skripsi Andi Dewi Ermawati S. Pdf.pdf

Download (59kB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui persepsi guru terhadap penerapan metode Role Playing dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas IV SDN 12 Manurunge Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone dan kendala-kendala dalam menerapkan metode Role Playing dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas IV SDN 12 Manurunge Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone. Data penelitian diperoleh melalui angket dan wawancara. Teknik analisis data adalah data reduction, data display, conclusion drawing/verification. Hasil penelitian ini menunjukkan metode Role Playing efektif dalam meningkatkan keterampilan berbicara hal tersebut terlihat secara langsung oleh guru di mana terdapat perbedaan yang signifikan antara sebelum diterapkan dan setelah diterapkan siswa mampu mengolah ide, mengemukakan ide dan mempertanggungjawabkan idenya. Pada saat diterapkan siswa jauh lebih bersemangat dalam pembelajaran. Kendala yang dialami pada saat penerapan metode Role Playing yaitu pada pemilihan topik yang kurang tepat akan sangat berpengaruh pada simulasi nantinya, terkadang siswa terlena dalam simulasi sehingga tujuan pembelajaran tidak tercapai dengan baik dan waktu di mana masih banyak kelompok yang akan simulasi dan siswa yang berlatih untuk perannya masing-masing namun waktu yang tersedia tidak cukup. Kendalakendala tersebut masih bisa diatasi oleh guru. Maka dari itu menerapkan metode Role Playing sudah tepat untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa dan metode Role Playing ini sudah diterapkan dengan baik dan memberikan dampak yang positif terhadap keterampilan berbicara siswa sehingga siswa mampu untuk mengolah ide, mengemukakan ide dan mempertanggungjawabkan idenya. Kata kunci: Metode Role Playing, Keterampilan berbicara, Bahasa Indonesia

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 24 Feb 2021 05:23
Last Modified: 24 Feb 2021 05:23
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/19144

Actions (login required)

View Item View Item