PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI PADA JURUSAN AKUNTANSI DI SMK NEGERI 1 MAKASSAR

KIKI RESKI, AMALIAH BAKHTIAR (2019) PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI PADA JURUSAN AKUNTANSI DI SMK NEGERI 1 MAKASSAR. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI PADA JURUSAN AKUNTAN.pdf

Download (347kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap motivasi belajar siswa kelas XI pada jurusan akuntansi di SMK Negeri 1 Makassar. Variabel dalam penelitian ini adalah kompetensi pedagogik guru sebagai variabel bebas dan motivasi belajar sebagai variabel terikat yang diukur dengan skala likert. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI akuntansi di SMK Negeri 1 Makassar yang berjumlah 144 siswa, dan sampel dalam penelitian ini sebanyak 15 siswa dari total keseluruhan siswa kelas XI Akuntansi. Sampel dipilih dengan random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentansi dan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis deskriptif persentase,uji validitas dan reliabilitas, analisis regresi sederhana, analisis koefisien determinasi, korelasi product moment, dan uji t dengan menggunakan program bantuan Statistical Package For Social Science (SPSS) Versi 21. Berdasarkan hasil analisis regresi linier sederhana maka diperoleh persamaan Y=8,9+0,44X, artinya setiap penambahan satu satuan nilai kompetensi pedagogik guru maka akan meningkatkan motivasi belajar siswa sebesar 0,454 satuan. Hasil koefisien determinasi sebesar 0.098 atau 9,8%, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak masuk dalam penelitian ini. Hasil analisis korelasi Product Moment menunjukkan nilai koefisien (r)=0,313 berada pada interval 0,20-0,399 sehingga dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang positif antara kompetensi pedagogik dengan motivasi belajar siswa. Hasil uji-t menunjukkan nilai signifikan kompetensi pedagogik guru terhadap motivasi belajar siswa sebesar 0,015 < 0,05. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kompetensi pedagogik guru berpengaruh positif terhadap motivasi belajar siswa kelas XI pada jurusan akuntansi di SMK Negeri 1 Makassar, sehingga dengan demikian dapat dinyatakan bahwa hipotesis penelitian diterima. Kata Kunci:Kompetensi Pedagogik, Motivasi Belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS EKONOMI
FAKULTAS EKONOMI > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 24 Feb 2021 04:57
Last Modified: 24 Feb 2021 04:57
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/19143

Actions (login required)

View Item View Item