Pengaruh Penggunaan Media Papan Berpaku (Geoboard) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas IV SDN 138 Inpres Mangulabbe Kecamatan Mappakasunggu Kabupaten Takalar

Muspika, Muspika (2020) Pengaruh Penggunaan Media Papan Berpaku (Geoboard) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas IV SDN 138 Inpres Mangulabbe Kecamatan Mappakasunggu Kabupaten Takalar. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
1647040037_Artikel.pdf

Download (612kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh minimnya pemanfaatan media pembelajaran sebagai sarana dalam menjelaskan materi pada mata pelajaran matematika siswa kelas IV SDN 138 Inpres Mangulabbe Kecamatan Mappakasunggu Kabupaten Takalar. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah; (1) Untuk menggambarkan penggunaan media Papan Berpaku (Geoboard) pada mata pelajaran matematika siswa kelas IV SDN 138 Inpres Mangulabbe Kecamatan Mappakasunggu Kabupaten Takalar; (2) Untuk menggambarkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas IV SDN 138 Inpres Mangulabbe Kecamatan Mappakasunggu Kabupaten Takalar; dan (3) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan media Papan Berpaku (Geoboard) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas IV SDN 138 Inpres Mangulabbe Kecamatan Mappakasunggu Kabupaten Takalar. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, adapun jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu simple random sampling dengan jumlah sampel 42 siswa. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh penggunaan media Papan Berpaku (Geoboard) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas IV SDN 138 Inpres Mangulabbe Kecamatan Mappakasunggu Kabupaten Takalar. Hal tersebut dibuktikan dari hasil t-test pada taraf signifikansi 5% diperoleh p value nilai signifikansi (2-tailed) < taraf signifikansi α (0,05). Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa media Papan Berpaku (Geoboard) berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika kelas IV SDN 138 Inpres Mangulabbe Kecamatan Mappakasunggu Kabupaten Takalar. Kata kunci: Media Pembelajaran Papan Berpaku (Geoboard), Hasil Belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 18 Feb 2021 06:07
Last Modified: 18 Feb 2021 06:07
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/19120

Actions (login required)

View Item View Item