EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA VIDEO KARTUN TERHADAP PEMBELAJARAN ISIM BAHASA ARAB SISWA KELAS VII MTS NEGERI PINRANG

Mutmainnah, Mutmainnah and misnah maannahali, misnah and susiawati, susiawati (2020) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA VIDEO KARTUN TERHADAP PEMBELAJARAN ISIM BAHASA ARAB SISWA KELAS VII MTS NEGERI PINRANG. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
ARTIKEL MUTE.pdf

Download (613kB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian Quasi Experimental Design yang bertujuan untuk mengetahui efektifitas media video kartun terhadap pembelajaran Isim bahasa Arab siswa kelas VII MTs Negeri Pinrang. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah penggunaan media video kartun, variabel terikatnya adalah pembelajaran isim bahasa Arab. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Negeri Pinrang berjumlah 172 dan sampel 15 siswa (VII 5) sebagai kelas eksperimen dan 15 siswa (VII 4) sebagai kelas kontrol dengan menggunakan teknik random sampling. Data hasil penelitian ini diperoleh dengan memberikan pre-test dan post-test tertulis pada materi “Rumahku”. Hasil perhitungan uji-t pada taraf signifikan 0,05 diperoleh nilai thitung 1,17 < ttabel 2,04. Disimpulkan bahwa penggunaan media video kartun terhadap pembelajaran isim bahasa Arab siswa kelas VII MTs Negeri Pinrang tidak efektif. Kata kunci : Media Video Kartun, Pembelajaran Isim

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Divisions: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 18 Feb 2021 04:21
Last Modified: 18 Feb 2021 04:21
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/19116

Actions (login required)

View Item View Item