KEPATUHAN PESERTA DIDIK TERHADAP TATA TERTIB PENGGUNAAN HANDPHONE DI SEKOLAH (STUDI PADA SMPN 1 SENGKANG KABUPATEN WAJO)

NURPRATIWI, INDAH and Mustari, Mustari and Sailan, Manan (2020) KEPATUHAN PESERTA DIDIK TERHADAP TATA TERTIB PENGGUNAAN HANDPHONE DI SEKOLAH (STUDI PADA SMPN 1 SENGKANG KABUPATEN WAJO). S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

Full text not available from this repository.

Abstract

INDAH NURPRATIWI. 2020. Kepatuhan Peserta Didik Terhadap Tata Tertib Penggunaan Handphone di Sekolah (Studi Pada Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Sengkang Kabupaten Wajo). Skripsi Jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar di bawah bimbingan Mustari dan Manan Sailan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) persepsi guru dan peserta didik terkait tata tertib penggunaan handphone dalam pembelajaran di SMPN 1 Sengkang Kabupaten Wajo, (2) pandangan orang tua terkait tata tertib penggunaan handphone di SMPN 1 Sengkang Kabupaten Wajo, (3) kepatuhan peserta didik terhadap tata tertib sekolah penggunaan handphone di SMPN 1 Sengkang Kabupaten Wajo. Untuk mencapai tujuan penelitian maka peneliti menggunakan penelitian kualitatif studi kasus untuk mengetahui kepatuhan peserta didik terhadap tata tertib penggunaan handphone di SMPN 1 Sengkang Kabupaten Wajo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Persepsi guru dan peserta didik terkait tata tertib penggunaan handphone dalam pembelajaran di SMPN 1 Sengkang Kabupaten Wajo adalah (a) Persepsi guru, sepakat dengan tata tertib penggunaan handphone di sekolah karena dalam pembelajaran penggunaan handphone memberikan manfaat, namun perlu pemantauan lebih, agar tata tertib dapat terlaksana lebih baik dalam pembelajaran. (b) Persepsi peserta didik, sepakat dengan tata tertib penggunaan handphone di sekolah karena dengan izin penggunaan handphone ke sekolah yang diatur dalam tata tertib di SMPN 1 Sengkang Kabupaten Wajo dalam pembelajaran memberikan kemudahan bagi peserta didik saat belajar. (2) Pandangan orang tua terkait tata tertib penggunaan handphone di sekolah terdapat dua pandangan, (a) Pertama, sepakat dengan tata tertib penggunaan handphone di SMPN 1 Sengkang Kabupaten Wajo dengan alasan sebagai alat komunikasi dan dapat pula menunjang peserta didik dalam belajar. (b) Kedua, tidak sepakat dengan tata tertib penggunaan handphone di SMPN 1 Sengkang Kabupaten Wajo yang dipandang dapat memberikan resiko baik di dalam atau di luar jam pelajaran. (3) Kepatuhan peserta didik terhadap tata tertib penggunaan handphone di SMPN 1 Sengkang Kabupaten Wajo tergolong pada kepatuhan tinggi dalam mematuhi ketentuan penggunaan handphone di sekolah Kata Kunci: Kepatuhan, Penggunaan Handphone

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS ILMU SOSIAL
FAKULTAS ILMU SOSIAL > Pendidikan Kewarganegaraan PPKn
Divisions: FAKULTAS ILMU SOSIAL
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 18 Feb 2021 03:45
Last Modified: 18 Feb 2021 03:45
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/19113

Actions (login required)

View Item View Item