Wardihan, Andi and Saleh, Muhammad and SULTAN, SULTAN (2014) MODEL BAHAN AJAR MEMBACA INTENSIF YANG MENGINTEGRASIKAN NILAI KARAKTER BANGSA BERBASIS KURIKULUM 2013. In: Simposium Internasional Bahasa, Sastra, dan Budaya Indonesia dalam Pengembangan Profesionalisme "Pemartaban Bahasa, Sastra, dan Budaya Indonesia dalam membangun Peradaban Bangsa", 13 -14 Oktober 2014, Makassar, Indonesia.
Text
Prosiding Simposium internasional bahasa sastra dan budaya indonesia dalam profesinoalisme.pdf Download (12MB) |
|
Text
Peer reviewer Pembelajaran Membaca Intensif yang Mengintegrasikan Karakter bangsa.pdf Download (1MB) |
Abstract
Abstrak Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (research and development) yang bertujuan mengembangkan model pembelajaran membaca intensif yang mengintegrasikan pendidikan karakter bangsa berbasis kurikulum 2013. Penelitian dirancang dengan menggunakan model pengembangan 4-D Thiagarajan yang terdiri atas empat tahapan, yakni tahap pendefinisian, tahap perancangan, tahap pengembangan, dan tahap penyebarluasan. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sengkang, Wajo, Sulawesi Selatan. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan kuesioner. Hasil penelitian berupa : (1) Buku Bahan Ajar, (2) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, (3) Buku Siswa, (4) Buku Guru, (5) Lembar Kegiatan Siswa yang valid, praktis, dan efektif. Berdasarkan validasi ahli dan praktisi, penelitian menghasilkan bahan ajar dan perangkat pendukungnya yang memenuhi kriteria kevalidan.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bahan ajar, membaca intensif, karakter bangsa, kurikulum 2013 |
Subjects: | FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA KARYA ILMIAH DOSEN Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN |
Divisions: | KOLEKSI KARYA ILMIAH UPT PERPUSTAKAAN UNM MENURUT FAKULTAS > KARYA ILMIAH DOSEN KARYA ILMIAH DOSEN |
Depositing User: | Herling HR Sahade |
Date Deposited: | 17 Feb 2021 02:22 |
Last Modified: | 17 Feb 2021 02:22 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/19102 |
Actions (login required)
View Item |