IMPLEMENTASI BAHAN AJAR BAHASA INDONESIA BERBASIS TEKS YANG MENGINTEGRASIKAN NILAI KARAKTER BANGSA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Saleh, Muhammad and SULTAN, SULTAN (2015) IMPLEMENTASI BAHAN AJAR BAHASA INDONESIA BERBASIS TEKS YANG MENGINTEGRASIKAN NILAI KARAKTER BANGSA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. In: SEMINAR NASIONAL "Optimalisasi Hasil-Hasil Penelitian Dalam Menunjang Pembangunan Bekelanjutan", 13 Juni 2015, Makassar, Indonesia.

[img] Text
Prosiding Seminar Nasional Optimalisasi Hasil Hasil Penelitian.pdf

Download (11MB)
[img] Text
Peer reviewer Implementasi Bahan ajar Bahasa Indonesia Berbasis teks yang mengintegrasikan nilai karakter.pdf

Download (1MB)

Abstract

Abstrak Abstrak Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (research and development). Penelitian tahun kedua dari rencana tiga tahun ini bertujuan mengujicobakan bahan ajar Bahasa Indonesia berbasis teks yang mengintegrasikan nilai karakter bangsa. Penelitian dirancang dengan menggunakan model pengembangan 4-D Thiagarajan yang terdiri atas empat tahapan, yakni tahap pendefinisian, tahap perancangan, tahap pengembangan, dan tahap penyebarluasan. Subjek penelitian adalah siswa sekolah menengah pertama di tiga kabupaten di Sulawesi Selatan, yakni SMPN 1 Sengkang Kabupaten Wajo, SMPN 2 Salaonro Kabupaten Soppeng, dan SMP Islam Athirah Bukit Baruga Makassar. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, angket dan tes. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa bahan ajar yang dihasilkan telah memenuhi kriteria kepraktisan dan efektif dalam membelajarkan siswa untuk mencapai kompetensi dasar sesuai dengan kriteria ketuntasan minimal Kurikulum 2013.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: bahan ajar, pembelajaran bahasa Indonesia, pendekatan berbasis teks
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: KOLEKSI KARYA ILMIAH UPT PERPUSTAKAAN UNM MENURUT FAKULTAS > KARYA ILMIAH DOSEN
KARYA ILMIAH DOSEN
Depositing User: Herling HR Sahade
Date Deposited: 16 Feb 2021 07:50
Last Modified: 16 Feb 2021 07:50
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/19096

Actions (login required)

View Item View Item