MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENARI TARI PAKARENA LAIYOLO MENGGUNAKAN METODE DRILL PADA EKSTRAKURIKULER SMPN 5 KEPULAUAN SELAYAR

Refoyanti, Sri and Yatim, Heriyati and Saenal, Sefiana (2020) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENARI TARI PAKARENA LAIYOLO MENGGUNAKAN METODE DRILL PADA EKSTRAKURIKULER SMPN 5 KEPULAUAN SELAYAR. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
JURNAL SRI REFOYANTI (1682041003) PENIDIKAN SENDARATSIK.pdf

Download (638kB)

Abstract

Meningkatkan Kemampuan Menari Tari Pakarena Laiyolo Menggunakan Metode Drill Pada Ekstrakurikuler SMP Negeri 5 Kepulauan Selayar.Skripsi pada Program Studi Pendidikan Sendratasik Fakutas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui proses pembelajaran tari pakarena laiyolo menggunakan metode drill (latihan) pada kegiatan ekstrakurikuler tari SMP Negeri 5 Kepulauan Selayar. (2) Untuk mengetahui peningkatan keterampilan gerak tari pakarena laiyolo menggunakan metode drill (latihan) pada ekstrakurikuler SMP Negeri 5 Kepulauan selayar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan, maka penelitian ini memiliki 2 tahap sikus yaitu siklus I dan sikus II. Tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dokumentasi dan tes keterampilan menari. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif. Berdasarkan hasil pra tindakan diperoleh data persentase penilaian 13,3% dengan nilai ratarata 5,13. Pada siklus I persentasi penilaian keterampilan menari siswi 53,3% dengan nilai rata-rata 7,0 dan pada siklus II persentase penilaian keterampilan menari siswi 80% dengan nilai rata-rata 8,8. Hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti membuktikan bahwa penggunaan metode drill pada kegiatan ekstrakurikuler tari SMP Negeri 5 Kepulauan Selayar dapat meningkatkan keterampilan menari siswi.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Pendidikan sendratasik
Divisions: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 15 Feb 2021 07:45
Last Modified: 15 Feb 2021 07:45
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/19083

Actions (login required)

View Item View Item