PENERAPAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM PEMBELAJARAN SENI TARI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS X SMK NEGERI 3 SOPPENG

Nurkhalisyah, Nabila (2020) PENERAPAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM PEMBELAJARAN SENI TARI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS X SMK NEGERI 3 SOPPENG. S1 thesis, Fakultas Seni dan Desain.

[img] Text
JURNAL.pdf

Download (412kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan yang membahas masalah: 1) Bagaimana penerapan media audio visual dalam pembelajaran seni tari untuk meningkatkan Aktivitas Belajar siswa kelas X SMK Negeri 3 Soppeng, 2) Bagaimana peningkatan aktivitas belajar setelah diterapkan media audio visual pada siswa kela X SMK Negeri 3 Soppeng, Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan menggunakan model Kurt Lewin, yang terdiri dari empat tahapan yaitu, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Adapun cara pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara, tes kinerja, dan dokumentasi. Penelitian menggunakan instrumen penilaian observasi untuk menilai aktivitas belajar siswa dan instrumen penilaian tes keterampilan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Penerapan media audio visual Kelas X SMK Negeri 3 Soppeng menggunakan desain penelitian perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi dilakukan dengan siklus I dan Siklus II dengan menggunakan media audio visual dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa di kelas X SMK Negeri 3 Soppeng. 2) Peningkatan aktivitas pembelajaran seni tari kelas X SMK Negeri 3 Soppeng Pada siklus I aktivitas siswa memperoleh nilai 66% tidak terjadi peningkatan maka di lakukanlah siklus II pada siklus II meningkat menjadi 75 %. Pada Tes Keterampilan Pada siklus I dengan rata-rata nilai 68,5 nilai KKM tidak mencapai ≥75 maka dilakukan siklus II dengan rata-rata nilai 78,5 lebih meningkat dari siklus I.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Pendidikan sendratasik
Divisions: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
Depositing User: Pustaka FSD yayu
Date Deposited: 26 Mar 2021 06:00
Last Modified: 26 Mar 2021 06:00
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/19074

Actions (login required)

View Item View Item