Syawaluddin, Ahmad and Faisal, Muh. and RISAL, RISAL, (2018) Pengaruh Metode SAS (Struktural Analisis Sintesis) Tehadap Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas II SDN Mappala Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Jurnal Publikasi Pendidikan, 8 (3). pp. 244-250. ISSN 2548-6721
Text
jurnal publikan Volume 8 Nomor 3, Oktober 2018.pdf Download (277kB) |
|
Text
peer reviewer jurnal PUBLIKAN vol 8 no 3 thn 2018.pdf Download (1MB) |
|
Text
Pengaruh Metode SAS (Struktural Analisis Sintesis) Tehadap Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas II SDN Mappala Kecamatan Rappocini Kota Makassar.pdf Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Pengaruh Metode SAS (Struktural Analisis Sintesis) Terhadap Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan pada Siswa Kelas II SDN Mappala Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu masih rendahnya kemampuan siswa dalam keterampilan membaca permulaan. Adapun rumusan masalahnya adalah apakah terdapat pengaruh metode struktural sintesis analisis (SAS) terhadap peningkatan keterampilan membaca permulaan pada siswa kelas II SDN Mappala Kecamatan Rappocini Kota Makassar?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode struktural sintesis analisis (SAS) terhadap peningkatan keterampilan membaca permulaan pada siswa kelas II SDN Mappala Kecamatan Rappocini Kota Makassar dalam proses pembelajaran. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian adalah eksperimen, dengan tahap Pre Test, treatment, dan Post Test. Desain penelitian yang digunakan adalah pre experimental design yang merupakan bentuk desain penelitian one group Pre Test postest design. Adapun populasi dan sampel penelitian ini adalah siswa kelas II SDN Mappala Kecamatan Rappocini Kota Makassar dengan jumlah siswa 30 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, dokumentasi dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif, uji normalitas, uji hipotesis (uji-t), dan paired sample t-test. Keterampilan membaca permulaan sesudah pemberian perlakuan menggunakan metode SAS lebih meningkat dibandingkan sebelum pemberian metode SAS dalam proses pembelajaran. Setelah dilakukan pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang secara signifikan antara keterampilan memnaca permulaan siswa. Kesimpulannya metode SAS memberikan pengaruh positif terhadap keterampilan membaca permulaan pada siswa kelas II.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Membaca Permulaan, SAS |
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN KARYA ILMIAH DOSEN Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN |
Divisions: | KOLEKSI KARYA ILMIAH UPT PERPUSTAKAAN UNM MENURUT FAKULTAS > KARYA ILMIAH DOSEN KARYA ILMIAH DOSEN |
Depositing User: | Herling HR Sahade |
Date Deposited: | 12 Feb 2021 08:10 |
Last Modified: | 14 Mar 2021 09:17 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/19057 |
Actions (login required)
View Item |