Penerapan Pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) : Experiment Box untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Macam-macam Gaya di Kelas IV UPT SDN 62 Pinrang

Israwaty, Ila and Fajar, Fajar and Muliasari, Vivi (2020) Penerapan Pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) : Experiment Box untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Macam-macam Gaya di Kelas IV UPT SDN 62 Pinrang. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
JURNAL VIVI MULIASARI 1647140008.pdf

Download (725kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses penerapan pendekatan STEM pada materi macammacam gaya dengan menggunakan experiment box di kelas IV dan mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada materi macam-macam gaya menggunakan experiment box melalui pendekatan STEM. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian, penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes, dan dokumentasi. Subjek dari penelitian ini yaitu guru dan siswa yang terdiri dari 31 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Hasil penelitian pada siklus I berada pada kategori cukup, terjadi peningkatan pada siklus II yaitu persentase hasil belajar berada pada kategori baik dan telah mencapai indikator yang telah ditetapkan. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah dengan menerapkan pendekatan STEM dan experiment box dapat meningkatkan proses belajar dan hasil belajar pada materi macam-macam gaya di kelas IV UPT SDN 62 Pinrang. Kata kunci: Pendekatan STEM, experiment box, hasil belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 10 Feb 2021 05:58
Last Modified: 10 Feb 2021 05:58
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/19050

Actions (login required)

View Item View Item