PENGARUH METODE OUTDOOR STUDY TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD NEGERI 99 WANUAE KECAMATAN SUPPA KABUPATEN PINRANG

Ardywiranata, Ardywiranata (2020) PENGARUH METODE OUTDOOR STUDY TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD NEGERI 99 WANUAE KECAMATAN SUPPA KABUPATEN PINRANG. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
1647040029_Ardywiranata_Artikel.pdf

Download (518kB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penerapan metode outdoor study terhadap hasil IPA belajar siswa kelas IV SD Negeri 99 Wanuae Kecamatan Suppa Kabupaten Pinrang. Variabel bebas dalam penelitian ini penerapan metode outdoor study sedangkan varibel terikatnya adalah hasil belajar IPA siswa kelas IV. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas tinggi SD Negeri 99 Wanuae Kecamatan Suppa Kabupaten Pinrang sedangkan sampelnya adalah siswa kelas IV SD Negeri 99 wabuae Kecamatan Suppa Kabupaten Pinrang dengan jumlah sampel sebanyak 17 orang siswa yang terdiri dari 12 orang laki-laki dan 5 orang perempuan. Instrument yang digunakan adalah tes hasil belajar dalam bentuk soal pilihan ganda sebanyak 25 butir soal untuk mengetahui hasil belajara siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik observasi, teknik tes, dan teknik dokumentasi. Teknik analisis data yang digunaka adalah teknik analisis data statistik deskriptif dan teknik analisis data inferensial. Hasil penelitian tersebut menyatakan bahwa dari hasil analisis data, dapat dilihat dari rata-rata nilai pretest dan posttest, rata nilai hasil belajar saat pretest adalah 54.5882 sedangkan nilai hasil belajar posttest 70.1176. Dan dapat dilihat dari nilai THuting > TTabel yaitu 43.483 > 2.1199. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan sebelum dan sesudah menggunakan metode outdoor study pada matapelajara IPA. Kata Kunci : Metode Oudoor Study, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 10 Feb 2021 05:26
Last Modified: 10 Feb 2021 05:26
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/19045

Actions (login required)

View Item View Item