PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN 138 INPRES MANGULABBE KECAMATAN MAPPAKASUNGGU KABUPATEN TAKALAR

AZIS, SISMA RISKA (2020) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN 138 INPRES MANGULABBE KECAMATAN MAPPAKASUNGGU KABUPATEN TAKALAR. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
Skripsi_1647040033_Sisma Riska Azis.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini adalah jenis penelitian eksperimen yang dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar IPA siswa kelas V SDN 138 Inpres Mangulabbe Kecamatan Mappakasunggu Kabupaten Takalar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah gambaran penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) pada siswa kelas V?; (2) Bagaimanakah gambaran hasil belajar IPA siswa kelas V?, dan (3) Apakah terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SDN 138 Inpres Mangulabbe Kecamatan Mappakasunggu Kabupaten Takalar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) pada siswa kelas V, mengetahui gambaran hasil belajar IPA siswa kelas V dan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SDN 138 Inpres Mangulabbe Kecamatan Mappakasunggu Kabupaten Takalar. Pendekatan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dan kualitatif dengan desain penelitian Quasi Eksperimental Design. Adapun populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas tinggi dan sampelnya adalah kelas V. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu Purposive Sampling dengan jumlah sampel 41 siswa. Teknik analisis data yang digunakan yaitu Independent Sample T-Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SDN 138 Inpres Mangulabbe Kecamatan Mappakasunggu Kabupaten Takalar. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya perbedaan yang signifikan hasil belajar (posttest) siswa antara kelompok eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) dan hasil belajar (posttest) kelompok kontrol tanpa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI). Adapun, nilai rata-rata posttest kelompok eksperimen dan kelompok kontrol berturut-turut yaitu 80,57 dengan kategori tinggi dan 65,80 dengan kategori sedang. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) berpengaruh terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SDN 138 Inpres Mangulabbe Kecamatan Mappakasunggu Kabupaten Takalar. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI), Hasil Belajar IPA siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 10 Feb 2021 05:13
Last Modified: 10 Feb 2021 05:13
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/19042

Actions (login required)

View Item View Item