KAJIAN KETERSEDIAAN BAHAN BAKU, TINGKAT PERSAINGAN, DAN PERILAKU KEWIRAUSAHAAN DALAM MENDUKUNG PERKEMBANGAN USAHA (STUDI KASUS PADA USAHA MEBEL DI KECAMATAN MANGGALA KOTA MAKASSAR)

Perdana, Anugrah Putra (2020) KAJIAN KETERSEDIAAN BAHAN BAKU, TINGKAT PERSAINGAN, DAN PERILAKU KEWIRAUSAHAAN DALAM MENDUKUNG PERKEMBANGAN USAHA (STUDI KASUS PADA USAHA MEBEL DI KECAMATAN MANGGALA KOTA MAKASSAR). S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
ARTIKEL ANUGRAH PUTRA PERDANA.pdf

Download (171kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketersediaan bahan baku, tingkat persaingan dan perilaku kewirausahaan yang dimiliki usaha mebel di Kecamatan Manggala Kota Makassar dalam mendukung perkembangan usaha. Penelitian ini dikategorikan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis SWOT. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemilik usaha mebel di Kecamatan Manggala Kota Makassar memiliki 4 indikator ketersediaan bahan baku yaitu: perkiraan pemakaian, harga bahan, biaya persediaan, dan waktu tunggu. Dan untuk tingkat persaingan memiliki 6 indikator yaitu: harga, kualitas, loyalitas pelanggan, potongan harga, teknik pemasaran, target pasar. Serta perilaku kewirausahaan memiliki 4 indikator yaitu: hambatan, resiko, inovasi, kerjasama, dimana hasil dari analisis SWOT yang telah dilakukan, terdapat empat pilihan strategi untuk usaha mebel di Kecamatan Manggala Kota Makassar yang terdiri dari strengths opportunities (SO), weakness opportunities (WO), Strenghts threats (ST), dan weakness threats (WT). Kata kunci: Bahan baku, persaingan, kewirausahaan, mebel

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS EKONOMI > Manajemen > Pendidikan Ekonomi
FAKULTAS EKONOMI > Pendidikan Ekonomi
Divisions: FAKULTAS EKONOMI
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 09 Feb 2021 06:45
Last Modified: 09 Feb 2021 06:45
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/19037

Actions (login required)

View Item View Item