PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR PKN SISWA KELAS III SD INPRES TODDOPULI I KECAMATAN PANAKKUKANG KOTA MAKASSAR

Handayani, Aulia (2020) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR PKN SISWA KELAS III SD INPRES TODDOPULI I KECAMATAN PANAKKUKANG KOTA MAKASSAR. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
ARTIKEL PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR PKN SISWA.pdf

Download (70kB)

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dan kualitatif dengan menggunakan jenis quasi experimental design dalam bentuk Non Equivalent Control Group Design dengan tujuan: (1) Gambaran penerapan model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar PKn. (2) Hasil belajar PKn siswa sebelum dan setelah penggunaan model pembelajaran berbasis masalah. (3) Pengaruh penggunaan model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar PKn siswa. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III yang berjumlah 46 orang. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah Sampling Jenuh dengan jumlah sampel yakni 46 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, tes dan dokumentasi . Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan melakukan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran berbasis masalah berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn. Kata Kunci: Hasil belajar, mata pelajaran PKn, model PBM.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 09 Feb 2021 05:50
Last Modified: 09 Feb 2021 05:50
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/19033

Actions (login required)

View Item View Item