PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD INPRES TODDOPULI 1 KECAMATAN PANAKKUKANG KOTA MAKASSAR

Indri, Indri (2020) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD INPRES TODDOPULI 1 KECAMATAN PANAKKUKANG KOTA MAKASSAR. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
ARTIKEL-SKRIPSI-1647041033- INDRI-PGSD.pdf

Download (154kB)

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Pre-Eksperimen Design dan menggunakan bentuk One Group PretestPosttest Design. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V yang berjumlah 68 siswa. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah Jenis teknik sampling Non Probability Sampling menggunakan teknik sampling Purposive Sampling dengan sampel kelas V A dengan jumlah 35 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan melakukan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) proses pembelajaran dengan menggunakan media audio visual berlangsung secara efektif, (2) hasil belajar siswa menunjukkan adanya peningkatan setelah menggunakan media audio visual dalam pembelajaran, (3) media audio visual berpengaruh terhadap hasil belajar IPS. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media audio visual berpengaruh terhadap hasil belajar IPS siswa. Kata Kunci: hasil belajar, media audio visual, video pembelajaran

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 09 Feb 2021 05:45
Last Modified: 09 Feb 2021 05:45
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/19031

Actions (login required)

View Item View Item