PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING TERHADAP HASIL BELAJAR PKN KELAS V SDI PAGANDONGAN 2 KOTA MAKASSAR

MADE, SITI. QHADRIATI (2020) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING TERHADAP HASIL BELAJAR PKN KELAS V SDI PAGANDONGAN 2 KOTA MAKASSAR. S2 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
Tesis Siti. Qhadriati Made-181051 4040 12.pdf

Download (3MB)

Abstract

SITI. QHADRIATI MADE 2020. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing terhadap Hasil Belajar PKN Kelas V SDI Pagandongan 2 Kota Makassar, (diimbing oleh Ismail Tolla dan Mustafa). Masalah Penelitian ini Dalam proses pembelajaran khususnya PKn siswa kurang didorong untuk mengembangkan keterampilan berpikir, Proses pembelajaran didalam kelas diarahkan untuk kemampuan siswa untuk menghafal informasi, tanpa berusaha untuk menghubungkan yang diingat itu dengan kehidupan seharihari. Akhirnya siswa hanya pintar secara teoretis tapi miskin dalam aplikasi. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini 1) Bagaimana gambaran penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing dalam pembelajaran PKn siswa kelas V SDI Pagandongan 2 Kota Makassar, 2) Bagaimana gambaran hasil belajar siswa dalam Pembelajaran PKn kelas V SDI Pagandongan 2 Kota Makassar, 3) Apakah ada pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing terhadap hasil belajar PKn siswa kelas V SDI Pagandongan 2 Kota Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) gambaran pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing dalam pembelajaran PKn siswa kelas V SDI Pagandongan 2 Kota Makassar, 2) gambaran hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn kelas V SDI. Pagandongan 2 Kota Makassar. 3) seberapa besar pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing terhadap hasil belajar PKn siswa kelas V SDI Pagandomgan 2 Kota Makassar. Jenis penelitian ini tergolong penelitian kuantitatif. Adapun sumber datanya diperoleh dari guru dan murid. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan tes hasil belajar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian true experiments. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa di kelas V SDI. Pagandongan 2 Kota Makassar yang berjumlah 54 orang. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik Nonprobability Sampling tipe Purposive Sampling. pengambilan sampel dilakukan dengan cara memilih sampel menurut kriteria spesifik yang ditentukan peneliti sehingga diperoleh sampel sebanyak 25 orang. Dalam penelitian ini menggambarkan penerapan Model Snowball Throwing dalam pembelajaran PKn berada dalam kategori baik, siswa lebih aktif dan antusias dalam menerima materi pelajaran. Dalam penelitian ini mengunakan Uji T Independent Sampel Test kelas kontrol dan kelas eksperimen menunjukkan nilai signifikan 2tailed (0.036 < 0.05), dengan thitung > ttabel yaitu 2,157 > 1,710 Artinya ada perbedaan yang signifikan antara rata-rata nilai kelas kontrol dan kelas eksperimen, rata-rata kelas eksperimen adalah 77.60 sedangkan untuk nilai rata-rata kelas kontrol adalah 71.60. Artinya model pembelajaran Snowball Throwing berpengaruh terhadap hasil belajar PKn siswa kelas V SDI Pagandongan 2 Kota Makassar. Kata Kunci: Model Pembelajaran Snowball Throwing, Hasil Belajar PKN.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2)
PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 08 Feb 2021 03:05
Last Modified: 08 Feb 2021 03:05
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/19025

Actions (login required)

View Item View Item