Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Studentteams Achievement Division (STAD) dalam Meningkatkan Hasil Belajar PKN II dI PGSD UPP ParePare

Tuken, Ritha (2017) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Studentteams Achievement Division (STAD) dalam Meningkatkan Hasil Belajar PKN II dI PGSD UPP ParePare. In: Seminar Nasional Lembaga Penelitian "Membangun Indonesia Melalui Hasil Riset", ISBN : 978-602-6883-93-3, 26 Agustus 2017, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
prosiding membangun indonesia melalui hasil riset.pdf

Download (3MB)
[img] Text
peer reviewer semnas membangun indonesia melalui hasil riset.pdf

Download (552kB)

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk nengetahui penerapan pembelajaran model kooperatif tipe STAD dalam meningkatkan hasil belajar PKN II di PGSD UPP Parepare. Penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas yang berlokasi di PGSD UPP Parepare. Prosedur Penelitian PTK terdiri dari perencanaan, pelaksanaan observasi, refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi observasi, dokumentasi, dan tes. Hasil penelitian pada tes awal menunjukkan bahwa kemampuan mahasiswa memahami materi pelajaran masih dalam kategori kurang, setelah dilakukan pembelajaran menunjukkan peningkatan signifikan dengan hasil evaluasi pada siklus I berada pada kualifikasi cukup, kemudian dilanjutkan pada siklus ke II yang menunjukkan peningkatan dengan hasilnya pada kategori baik, namun belum mencapai ketuntasan yang ditetapkan. Hasil evaluasi pada siklus III juga menunjukkan peningkatan dan telah melampaui ketuntasan. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan pendekatan kontekstual pada pembelajaran PKN II dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa di PGSD UPP Parepare.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar, PKN II, pembelajaran kooperatif, STAD
Subjects: ILMU PENDIDIKAN
KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: KOLEKSI KARYA ILMIAH UPT PERPUSTAKAAN UNM MENURUT FAKULTAS > KARYA ILMIAH DOSEN
KARYA ILMIAH DOSEN
Depositing User: Herling HR Sahade
Date Deposited: 07 Feb 2021 07:32
Last Modified: 20 Feb 2021 13:49
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/19022

Actions (login required)

View Item View Item