PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA BLOCK DIENES TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS II SDN 235 BOLONG KABUPATEN LUWU

Khairunnisa’, Khairunnisa’ (2020) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA BLOCK DIENES TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS II SDN 235 BOLONG KABUPATEN LUWU. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
1647042059_ARTIKEL KHAIRUNNISA'-1.pdf

Download (781kB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar sebelum dan sesudah penggunaan media pembelajaran block dienes serta pengaruh penggunaan media pembelajaran block dienes terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika siswa kelas II SDN 235 Bolong Kabupaten Luwu. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah gambaran penggunaan media block dienes pada mata pelajaran matematika siswa kelas II SDN 235 Bolong Kabupaten Luwu; (2) Bagaimanakah gambaran hasil belajar siswa kelas II SDN 235 Bolong Kabupaten Luwu dalam penggunaan media block dienes, dan (3) Apakah terdapat pengaruh penggunaan media block dienes terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika Kelas II SDN 235 Bolong Kabupaten Luwu. Pendekatan dalam penelitian ini adalah kuantitaif dengan jenis penelitian Quasi Experimental dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Variabel penelitian ini adalah media block dienes dan hasil belajar. Adapun populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas II SDN 235 Bolong Kabupaten Luwu. Sampel yang terpilih berdasarkan teknik purposive sampling . Teknik pengumpulan data yaitu tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu yaitu anlisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial yang terdiri dari uji hipotesis menggunakan independent sample T-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran dengan menggunakan media block dienes pada kelas eksperimen berlangsung secara efektif, hasil belajar siswa pada kelas eksperimen lebih meningkat dibandingkan hasil belajar siswa pada kelas kontrol. Kesimpulan penelitian ini menunjukka bahwa terdapat pengaruh penggunaan media block dienes terhadap hasil belajar matematika siswa kelas II SDN 235 Bolong Kabupaten Luwu. Kata kunci: Media block dienes, hasil belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 04 Feb 2021 07:01
Last Modified: 04 Feb 2021 07:01
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/19014

Actions (login required)

View Item View Item