PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V UPTD SPF SDN 19 SEWO KECAMATAN LALABATA KABUPATEN SOPPENG

Aprilia, Asviani (2020) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V UPTD SPF SDN 19 SEWO KECAMATAN LALABATA KABUPATEN SOPPENG. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
ARTIKEL PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIR TIPE MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR.pdf

Download (62kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya nilai hasil belajar siswa yang terlihat pada mata pelajaran IPS kelas V UPTD SPF SDN 19 Sewo Kecamatan Lalabata Kabupaten Soppeng. Beranjak dari masalah tersebut maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah gambaran penerapan model pembelajaran make a match terhadap hasil belajar IPS? (2) Bagaimakah hasil belajar IPS setelah diterapkan model pembelajaran make a macth? (3) Apakah terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran make a match terhadap hasil belajar IPS ? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match serta pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match. Pendekatan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dan kualitatif dengan jenis penelitian Pre-Eksperimen Design dan menggunakan bentuk One Group Pretest-Postest Design . Variabel penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match dan Hasil Belajar.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa UPTD SPF SDN 19 Sewo Kecamatan Lalabata Kabupaten Soppeng sampel penelitian ini adalah kelas V yang berjumlah 20 orang.Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data yaitu tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan melakukan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik infrensial. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa diperoleh 0,000 < 0,05 maka Hoditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS . Kata kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 04 Feb 2021 06:22
Last Modified: 04 Feb 2021 06:22
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/19013

Actions (login required)

View Item View Item