Pengaruh Media Big Book Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas II SDN 24 Pakkanna Kecamatan Tanasitolo Kabupaten Wajo

SYAM, AYU FARADILLAH (2020) Pengaruh Media Big Book Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas II SDN 24 Pakkanna Kecamatan Tanasitolo Kabupaten Wajo. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
4 ARTIKEL AYU FARADILLAH SYAM 1647242016.pdf

Download (169kB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian eksperimen kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh media Big Book terhadap kemampuan membaca permulaan siswa kelas II SDN 24 Pakkanna Kecamatan Tanasitolo Kabupaten Wajo. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah media Big Book sedangkan variabel terikat kemampuan membaca permulaan. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas II SDN 24 Pakkanna Kecamatan Tanasitolo Kabupaten Wajo sebanyak 2 kelas, sedangkan sampelnya adalah kelas IIB sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 19 orang dan kelas IIA sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 20 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi dan tes. Teknik analisis data yaitu dengan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Berdasarkan hasil temuan yang didapati, kemampuan membaca permulaan dengan menggunakan media Big Book pada kelas eksperimen dengan persentase 25% menjadi 45% tergolong sangat baik, dan pada kelas kontrol tanpa menggunakan media Big Book dengan persentase 26,3% menjadi 36,84% tergolong sangat baik. Hasil penelitian ini menujukkan nilai thitung (3,604) lebih besar (>) dari ttabel (2.02619). Dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media Big Book terhadap kemampuan membaca permulaan siswa kelas II SDN 24 Pakkanna Kecamatan Tanasitolo Kabupaten Wajo. Saran yang diajukan dalam penelitian ini sebagai berikut: kepala sekolah dan guru memberikan motivasi dan pembiasaan membaca yang dapat mefasilitas sumber belajar siswa supaya kemampuan membacanya baik, kepada guru bahwa media Big Book kiranya dapat menjadi perhatian karena terbukti dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa dalam proses pembelajaran di kelas, dan peneliti yang berminat mengkaji masalah yang relevan dengan penelitian ini diharapkan juga dapat meneliti faktor-faktor lain yang mempengaruhi kemampuan membaca permulaan siswa, sehingga dapat diketahui kontribusi yang dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa. Kata Kunci: membaca permulaan, kemampuan, media Big Book

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 04 Feb 2021 05:33
Last Modified: 04 Feb 2021 05:33
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/19008

Actions (login required)

View Item View Item