PENERAPAN TEKNIK SELF REGULATED LEARNING DALAM MEREDUKSI TINGKAT ACADEMIC BURNOUT SISWA DI SEKOLAH MAN 1 WATANSOPPENG

SETIAWAN, IRWANDI (2020) PENERAPAN TEKNIK SELF REGULATED LEARNING DALAM MEREDUKSI TINGKAT ACADEMIC BURNOUT SISWA DI SEKOLAH MAN 1 WATANSOPPENG. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
JURNAL WANDI.pdf

Download (323kB)

Abstract

Penelitian ini menelaah penerapan teknik Self regulated learning dalam mereduksi tingkat academic burnout siswa di MAN 1 Watansoppeng. Masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana gambaran tingkat academic burnout siswa di MAN 1 Watansoppeng ?, (2) Bagaimana pelaksanaan teknik self regulated learning dalam mereduksi tingkat academic burnout siswa di MAN 1 Watansoppeng ?, (3) Apakah penerapan teknik self regulated learning dapat mereduksi tingkat academic burnout siswa di MAN 1 Watansoppeng ?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Untuk mengetahui gambaran tingkat academic burnout siswa di MAN 1 Watansoppeng, (2) Untuk Mengetahui pelaksanaan teknik self regulated learning dalam mereduksi academic burnout siswa di MAN 1 Watansoppeng, (3) Untuk mengetahui teknik self regulated learning dapat mereduksi tingkat academic burnout siswa di MAN 1 Watansoppeng. Pendekatan penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian True-experimental design dengan model the randomized pretestposttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIA 1, X IKA 1, XI MIA 1 XI IIS 1, dan XI MIA 3 di MAN 1 Watansoppeng yang teridentifikasi mengalami academic burnout sebanyak 42 siswa pada tahun ajaran 2019/2020. Sampel penelitian sebanyak 24 siswa dengan kelasifikasi 12 orang siswa sebagai kelompok eksperimen dan 12 orang siswa sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan Skala Academic burnout dan Observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis statistic deskriptif dan analisis statistik inferensial dengan menggunakan t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Gambaran tingkat academic burnout siswa di MAN 1 Watansoppeng sebelum diberikan teknik self regulated learning berada pada kategori “sangat tinggi” dan setelah diberi perlakuan berupa teknik self regulated learning dapat direduksi pada kategori “sedang”, (2) Pelaksanaan teknik self regulated learning di MAN 1 Watansoppeng dilaksanakan 5 kali pertemuan secara bertahap, pertama pemberian informasi, kedua evaluasi diri dan monitoring, ketiga menentukan tujuan dan perencanaan strategi, keempat memonitor penerapan strategi, dan kelima memonitor hasil strategi. Selama pelaksanaan setiap tahap teknik self regulated learning, siswa menunjukkan partisipasi yang berada pada kategori tinggi, (3) Penerapan teknik self regulated learning dapat mereduksi tingkat academic burnout siswa di MAN 1 Watansoppeng. Kata kunci: Academic burnout dan Teknik self regulated learning

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 03 Feb 2021 06:27
Last Modified: 03 Feb 2021 06:27
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/18995

Actions (login required)

View Item View Item