HUBUNGAN KEDISIPLINAN DENGAN HASIL BELAJAR SISWA SD NEGERI 10 MANURUNGE KECAMATAN TANETE RIATTANG KABUPATEN BONE

Wiranto, Wiranto (2020) HUBUNGAN KEDISIPLINAN DENGAN HASIL BELAJAR SISWA SD NEGERI 10 MANURUNGE KECAMATAN TANETE RIATTANG KABUPATEN BONE. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
JURNAL SKRIPSI WIRANTO-PDF.pdf

Download (161kB)

Abstract

Penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif yang bersifat deskriptif dengan model korelasional yang bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan kedisiplinan dengan hasil belajar siswa SD Negeri 10 Manurunge Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah kedisiplinan sedangkan variable terikatnya adalah hasil belajar siswa. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas IV dan V SD Negeri 10 Manurunge Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone tahun pelajaran 2019/2020 berjumlah 168 siswa, sedangkan sampelnya berjumlah 42 siswa diperoleh dari teknik probability sampling yakni simple random sampling. Teknik analisis data adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Setelah dilakukan analisis hasil penelitian menunjukkan bahwa kedisiplinan siswa kelas IV dan V SD Negeri 10 Manurunge Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone termasuk dalam kategori sangat baik, hasil belajar siswa kelas IV dan V SD Negeri 10 Manurunge Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone termasuk dalam kategori sangat baik, dan terdapat hubungan yang signifikan antara kedisiplinan dengan hasil belajar siswa SD Negeri 10 Manurunge Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone dengan kategori kuat. Kesimpulan penelitian ini yaitu ada hubungan yang signifikan antara kedisiplinan dengan hasil belajar siswa kelas IV dan V SD Negeri 10 Manurunge Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 03 Feb 2021 06:25
Last Modified: 03 Feb 2021 06:25
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/18994

Actions (login required)

View Item View Item